Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (23/2), mulai dari dukungan berbagai pihak terhadap pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur sampai usulan beberapa kelompok untuk menunda pemilihan umum (pemilu) 2024.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Sejumlah seniman sampaikan dukungan untuk pembangunan IKN Nusantara

Sejumlah seniman senior menyampaikan dukungan untuk program pemerintah dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“Kita mendukung semua program-programnya Pak Jokowi, terutama program yang ada di Kalimantan, membuat ibu kota baru. Insya Allah tadi kita sudah lihat bagus sekali. Mudah-mudahan nanti seluruh rakyat Indonesia bisa jalan-jalan ke sana, kita bisa berwisata ke sana untuk melihat kota yang baru,” kata Ida Royani, salah satu seniman senior yang bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/2), sebagaimana dikutip dari keterangan Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Selengkapnya baca di sini.

2. Presiden Jokowi: IKN Nusantara jadi respons hadapi perubahan iklim

Presiden Joko Widodo menegaskan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi respons Indonesia dalam menghadapi fenomena perubahan iklim.

"IKN juga merespons komitmen Indonesia dalam penanggulangan perubahan iklim, yang terlihat melalui pencapaian dan pengelolaan berbagai indikator menuju net zero carbon dan 100 persen energi baru dan terbarukan di tahun 2060," kata Presiden Jokowi dalam acara Beranda Nusantara "Menuju Ibu Kota Negara Baru" yang diselenggarakan secara hybrid, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Mahfud MD nilai H.B. Jassin pantas sandang gelar pahlawan nasional

Menkopolhukam Mahfud MD menilai cendekiawan muslim dan kritikus sastra asal Gorontalo Hans Bague Jassin pantas menyandang gelar pahlawan nasional.

“Karya-karya H.B. Jassin memiliki sumbangan besar terhadap kekayaan khasanah Bahasa Indonesia dan pembentukan peradaban Indonesia,” kata Mahfud saat memberi sambutan pada acara seminar di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Baleg DPR batal bahas RUU TPKS bersama pemerintah

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya mengonfirmasi bahwa Rapat Kerja (Raker) Baleg bersama Pemerintah yang akan membahas Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) pada hari Rabu tidak jadi atau batal.

"Raker pembahasan awal RUU TPKS batal karena belum mendapatkan izin dari pimpinan DPR karena pimpinan yang tanda tangan surat (persetujuan pelaksanaan) raker," kata Willy di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Wakil Ketua DPR RI Muhaimin usulkan Pemilu 2024 ditunda 1-2 tahun

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mengusulkan penundaan jadwal pelaksanaan Pemilu 2024 selama 1 tahun atau 2 tahun agar momentum perbaikan ekonomi tidak hilang dan tidak terjadi pembekuan ekonomi.

Menurut dia, pandemi COVID-19 yang terjadi selama 2 tahun mengakibatkan stagnasi, bahkan penurunan perekonomian nasional. Namun, dalam beberapa waktu ini, mulai tampak ada tren perbaikan ekonomi yang cukup positif.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022