Jakarta (ANTARA News) - Bank Mandiri hingga Juni 2011 telah menyalurkan kredit kemitraan usaha mikro, kecil dan menengah sebesar Rp800 miliar.

"Kita telah menyalurkan Rp800 miliar untuk kredit kemitraan dan terus kita kembangkan," kata Direktur Utama Mandiri Zulkifli Zaini saat pembukaan Pasar Indonesia di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, kredit kemitraan merupakan salah satu program tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) Bank Mandiri untuk mengembangkan usaha mikro dan kecil.

"Bukan hanya memberikan modal tetapi juga membangunm dan memberdayakan mitar binaan sehingga mampu melakukan inovasi dan mampu memasarkan," katanya.

Menurut dia, pada 2011 ini, Bank Mandiri menargetkan dapat menyalurkan tambahan kredit Rp350 miliar untuk kredit kemitraan ini.

Untuk mendukung penyaluran kredit kemitraan, pihaknya bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional.

Sampai dengan saat ini, menurut dia, pihaknya telah bermitra dengan 56 ribu pengrajin dan pengusaha kecil. Diharapkan ke depan akan terus berkembang.

Sementara itu, untuk mendukung para mitra binaan tersebut, Bank Mandiri juga menggelar Pasar Indonesia. Acara ini biasanya menyongsong hari lebaran.

Menurut Zulkifli, Pasar Indonesia tahun ini merupakan gelaran yang kedua kalinya. Pasar Indonesia akan digelar pada 18-21 Agustus di JCC.

Pasar Indonesia yang digelar selama empat hari tersebut, diikuti oleh WSW mitra binaan Bank Mandiri, 15 perusahaan lingkage program, 32 wirausaha muda Mandiri dan 15 peserta kuliner populer.

Produk yang dipasarkan meliputi barang kebutuhan lebaran, busana, batik, tenun, furniture, interior, kerajinan kayu, marmer, keramik hiasn rotan dam bambu. Kerajinan logam, anyaman dan produk-produk lainnya.

(M041/B012)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011