Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PSSI periode 2011-2105 Djohar Arifin Husin menunjuk Bernhard Limbong sebagai penanggung jawab Tim Nasional Indonesia.

Pengangkatan Limbong ini sesuai dengan terbitnya surat bernomor Skep/18/JAH/VIII/2011, tertanggal 16 Agustus 2011.

"Posisinya berada di bawah ketua umum, semacam satgasnyalah. Sementara Badan Tim Nasional (BTN) sudah tidak ada lagi," kata Limbong kepada wartawan di kantor PSSI Jakarta, Kamis.

Menurut dia, tugas utama dari penunjukkan dirinya sebagai penanggung jawab timnas berkaitan dengan prestasi timnas dari jenjang junior hingga senior.

Bernhard menyatakan siap menjalankan tugasnya dengan baik. Dia mengaku akan bekerja keras untuk membangun timnas yang andal dengan mengandalkan kemampuan pemain lokal.

Untuk ke depan, Limbong menegaskan, pihaknya akan menyetop program naturalisasi untuk pemain timnas.

"Untuk membangun timnas yang kuat harus dari hasil kompetisi. Kalau selalu bertumpu kepada naturalisasi untuk apa digelar kompetisi nasional tersebut. Jika PSSI tetap melakukan program naturalisasi itu, maka PSSI bisa dianggap gagal," kata Ketua Komdis ini.

Dari sisi pelatih, Bernhard menegaskan, pihaknya akan membicarakan untuk mendatangkan pelatih asing yang andal guna meningkatkan kemampuan pemain Indonesia.

Saat ini, Timnas senior Indonesia akan melakukan pertandingan putaran III Pra Piala Dunia 2014 dan Timnas U-23 dipersiapkan untuk SEA Games 2011.
(T.T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011