Kami berharap penyerahan sertifikat halal ini membuat efikasi psikologis dari vaksin Merah Putih akan berlipat ganda karena semakin dipercaya oleh masyarakat
Jakarta (ANTARA) - PT Biotis Pharmaceuticals selaku produsen vaksin Merah Putih berharap vaksin buatannya yang merupakan hasil kerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair), Surabaya mampu meningkatkan efikasi psikologis masyarakat setelah mendapat sertifikat halal dari Kementerian Agama.

"Kami berharap penyerahan sertifikat halal ini membuat efikasi psikologis dari vaksin Merah Putih akan berlipat ganda karena semakin dipercaya oleh masyarakat," kata Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals FX Sudirman saat penyerahan sertifikat vaksin Merah Putih yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan selain efikasi atau kemanjuran vaksin melawan virus, efikasi psikologis juga diperlukan. Kepercayaan masyarakat terhadap suatu vaksin akan berimplikasi pada angka partisipasi untuk segera divaksin.

Ia mencontohkan seperti penggunaan obat. Jika masyarakat sudah yakin soal kemanjuran suatu obat, maka proses pemulihan akan semakin cepat, begitu pula dengan vaksin.

"Sertifikat halal membuat kami semakin berani atau semangat untuk maju ke depan. Atas pengakuan halal ini akan menambah kepercayaan masyarakat terhadap vaksin Merah Putih ini," katanya.

Senada dengan FX Sudirman, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan vaksin Merah Putih memiliki dua keunggulan. Pertama, kehadiran vaksin ini untuk menanggulangi virus dan memberikan keamanan bagi siapapun dari bahaya COVID-19.

Kedua, status halal vaksin Merah Putih akan menambah efikasi psikologis umat Islam karena secara syariat aman dan halal untuk digunakan.

"Saya setuju status halal vaksin ini akan menambah efikasi psikologis vaksin," kata dia.

Menag juga menyambut baik rencana penggunaan vaksin ini yang tidak hanya dipakai untuk masyarakat Indonesia saja, tapi akan diekspor ke negara-negara yang membutuhkan.

"Saya tadi juga dibisiki kepala BPJPH nanti setelah diproduksi secara masal akan dikirimkan ke negara-negara anggota OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) sebagai bantuan. Saya menyampaikan apresiasi dan mudah-mudahan menjadi amal baik kita semua," kata Menag.

Sebelumnya, Kementerian Agama menyerahkan sertifikat halal vaksin Merah Putih kepada PT Biotis Pharmaceuticals selaku produsen vaksin setelah dilakukan audit produk di Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI serta penetapan halal produk oleh Komisi Fatwa MUI.

Baca juga: BPOM beri izin uji klinik Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Unair

Baca juga: MUI: Vaksin Merah Putih Unair sudah kantongi sertifikat halal

Baca juga: Penerima suntikan vaksin Merah Putih akan diamati selama setahun


Baca juga: Kemenag serahkan sertifikat halal vaksin Merah Putih ke PT Biotish

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022