seperti bank berita, sebuah virtual newsroom
Jakarta (ANTARA) - Redaksi Nasional sebuah inisiatif kolaborasi dari tiga media negara yaitu LKBN ANTARA, LPP RRI, dan LPP TVRI menyiapkan kanal khusus untuk pemberitaan dan informasi seputar Presidensi G20 Indonesia yang bisa diakses media massa dan masyarakat luas untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai ajang bertaraf internasional itu.

Konten- konten yang disajikan dalam kanal itu nantinya akan terdiri dari multiplatform mulai dari teks, foto, audio, video, dan juga infografis dan tentunya telah dikurasi dengan kualitas terbaik berbagai sumber kompeten dan terpercaya.

"Kami merancang sebuah portal, bisa dibilang ini news center khusus untuk Presidensi G20. Ini bisa dibilang mirip seperti kantor beritanya G20. Semua media maupun non media kalau mau mengambil, mengutip, atau mengutip sebagian bisa ambil bahannya disini. Jadi seperti bank berita, sebuah virtual newsroom dengan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris," kata Direktur Utama LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat dalam acara bertajuk "Kesiapan Redaksi Nasional LKBN Antara- RRI-TVRI sebagai Media Negara G20", Kamis.

Redaksi Nasional sebenarnya sudah pernah beroperasi pada ajang PON XX Papua pada 2021 dengan menyalurkan berita- berita dengan banyak format di situs web redaksinasional.id.

Namun khusus G20, Redaksi Nasional menyiapkan situs web khusus bernama newsroomg20.id sehingga konten yang ditayangkan benar- benar berhubungan dengan informasi dan berita seputar Presidensi G20 Indonesia.

Tidak hanya dari kegiatan pertemuan para Menteri atau Pemimpin Negara namun juga terkait dampak langsung Presidensi G20 Indonesia kepada masyarakat seperti produk- produk UMKM yang dikenalkan di G20, jumlah SDM yang terserap untuk ajang Presidensi G20 Indonesia, hingga sisi menarik lainnya dari G20 di Tanah Air.

"Redaksi Nasional ini menjadi kanal untuk percepatan distribusi berita dan informasi. Tentunya tidak hanya untuk di industri media nasional tapi juga bisa menjangkau audiens internasional," kata Direktur LPP TVRI Iman Brotoseno.

Dengan kehadiran G20 Newsroom, agenda Pemerintah untuk menunjukkan besarnya dampak positif dari Presidensi G20 Indonesia maka bisa tersampaikan dengan baik lewat konten- konten yang berasal dari LKBN ANTARA,TVRI, dan RRI.

Selain memudahkan akses bagi media- media dan masyarakat di tingkat nasional, kehadiran kanal khusus G20 yang diinisiasi oleh Redaksi Nasional juga tentunya akan mempermudah distribusi informasi Presidensi G20 Indonesia ke masyarakat internasional.

Dengan koneksi dan juga jaringan yang dimiliki LKBN ANTARA,TVRI, dan RRI selama puluhan tahun dengan kanal- kanal di luar negeri rasanya pemberitaan G20 di Indonesia bisa tersampaikan dengan optimal.

"Kita ingin menyelaraskan ekspektasi pemerintah yaitu supaya G20 bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat dari sekian ratus acara yang ada, dengan memberitakan potensi dan manfaatnya bagi ekonomi serta kemaslahatan publik," ujar Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo.

Rencananya situs web newsroomg20.id akan dirilis dalam waktu dekat setelah mendapatkan restu dari Kementerian yang bertanggung jawab terkait komunikasi publik Presidensi G20 Indonesia.

Nantinya untuk memanfaatkan berita dan bahan- bahan yang ada di newsroomg20.id pengguna harus mendaftar terlebih dahulu kemudian baru bisa mengakses layanannya secara gratis usai mendaftarkan diri.

Baca juga: Kemenko Ekonomi dorong media massa gaungkan Presidensi G20 RI

Baca juga: Konsolidasi kolaborasi media kunci sukses Presidensi G20 Indonesia

Baca juga: Dubes sosialisasikan keketuaan Indonesia dalam G20 kepada media China


 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022