Pak Erick Thohir memberikan apresiasi atas dukungan dari Pemerintah Sulawesi Selatan dan  BUMN yang ada di Sulawesi Selatan yang membantu UMKM...
Makassar (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi sinergi antara BUMN dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Gowa melalui Rumah BUMN.

“Pak Erick Thohir memberikan apresiasi atas dukungan dari Pemerintah Sulawesi Selatan dan  BUMN yang ada di Sulawesi Selatan yang membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya,” ungkap Staf Khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga dalam kunjungannya ke Rumah BUMN Kabupaten Gowa, Sulsel, Kamis.

Arya Sinulingga menyebutkan kedatangannya ke Rumah BUMN yang ada di Kabupaten Gowa
merupakan permintaan Erick Thohir untuk bisa melihat dan mengecek Rumah BUMN di berbagai daerah di Indonesia berjalan dengan baik.

"Saya ingin menyampaikan salam dari Pak Menteri BUMN Erick Thohir. Kunjungan yang saya lakukan ini atas permintaan beliau,” kata Arya Sinulingga saat menyapa lebih dari 15 pelaku UMKM di Kabupaten Gowa.

Baca juga: LKPP targetkan 1 juta produk UMKM diusulkan masuk e-katalog tahun ini

Ia mengemukakan bahwa visi Menteri BUMN Erick Thohir yakni mendorong sektor UMKM sebagai upaya dalam mengejar target Indonesia menjadi empat negara terbesar secara ekonomi di dunia pada 2045 yang diwujudkan melalui berbagai kebijakan dan program pro UMKM. Salah satunya melalui sinergi BUMN dan Pemerintah Sulawesi Selatan melalui Rumah BUMN.

Maka dari itu, pada perjalanannya, Arya Sinulingga juga telah mengunjungi 40 kabupaten di Sumatera dan akan melanjutkan kunjungan ke 3 kabupaten di Sulawesi.

Dukungan BUMN dalam peningkatan usaha UMKM dirasakan oleh salah satu pelaku UKM bernama Aminah, seorang pedagang produk olahan makanan khas Makassar.

Baca juga: Gubernur: Kestabilan ekonomi Sulsel berkat dukungan UMKM

“Saya berterima kasih karena Rumah BUMN membantu membawa produk saya bisa go internasional. Ditambah lagi tadi saya dapat bantuan alat kemasan, jadi saya bisa menekan biaya produksi,” jelas Aminah, pemilik usaha Aminana.

Rumah BUMN Kabupaten Gowa mengelola 51 UMKM asli Sulawesi Selatan. Rumah BUMN rutin mengadakan pelatihan pengembangan kemampuan usaha UMKM mulai dari pelatihan pemasaran hingga pengelolaan keuangan usaha.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022