Minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya akan normal kembali usai Ramadhan
Jakarta, 19/8 (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla optimistis minat pendonor darah akan kembali normal usai Ramadhan sehingga stok darah nasional bisa terpenuhi.

"Minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya akan normal kembali usai Ramadhan," kata Jusuf Kalla di Jakarta, Jumat.

Ia menyatakan hal itu di sela peninjauan lokasi donor darah di Masjid Sunda Kelapa yang ditandai dengan tersedianya satu unit mobil donor darah.

Jusuf Kalla mengakui, minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya mengalami penurunan terutama selama puasa hingga menjelang Lebaran.

Menurut dia, kondisi seperti ini memang selalu terjadi setiap tahun sehingga tidak terlalu dikhawatirkan akan terjadi kekurangan stok darah.

"Kami akan terus berupaya melakukan langkah agar stok darah tidak mengalami kekurangan," ujar Kalla.

Ia mengatakan, untuk menyiasati agar stok darah tidak terlalu berkurang, PMI menyiapkan sejumlah mobil khusus pengambilan darah di sejumlah masjid, gereja, hingga kantor-kantor.

"Di masjid biasanya masyarakat baru bersedia mendonorkan darahnya usai berbuka puasa" katanya.

Kalla mengemukakan, PMI akan memiliki mobil transfusi darah sebanyak 100 unit yang akan ditempatkan di seluruh kota di Indonesia.

"Secara bertahap kami akan menambah mobil transfusi darah hingga 100 unit dan akan kami tempatkan di seluruh kota Indonesia," katanya.

Copyright © ANTARA 2011