Bagi dunia usaha sendiri, rekognisi ini diharapkan dapat mendorong merek untuk selalu relevan dengan berbagai perubahan.
Jakarta (ANTARA) - Pakar Marketing dan Branding Amalia E. Maulana, Ph.D. mengatakan memahami konsumen merupakan cara sebuah merek agar tetap relevan di pasar yang cepat berubah akibat pandemi sekaligus membantu sebuah produk bertahan dan tumbuh.

Pernyataan itu dikemukakan Amalia pada webinar The Power of Product & Service Innovation to Welcome the New Normal yang diselenggarakan Majalah MIX MarComm di Jakarta, Kamis.

Associate Professor di Binus University dan founder Etnomark Consulting itu mengungkapkan pengembangan produk di tengah disrupsi teknologi yang cepat akibat pandemi menekankan pada tiga hal penting, yaitu costumer understanding, costumer understanding, dan costumer understanding.

"Ada beberapa perusahaan yang belum terbiasa dengan itu... Kami sekarang dipaksa masuk ke customer understanding," kata Amalia.

Oleh karena itu, menurut dia, para pemenang dalam persaingan bisnis pada era pandemi adalah yang mampu memahami filosofi itu, melakukan inovasi yang beyond, dan melihat secara multidimensi, dengan terus melihat, mendengar, dan merasakan emosi konsumen.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Majalah MIX MarComm Lis Hendriani mengatakan bahwa inovasi para pemegang merek di tengah pandemi mendorong pihaknya menggelar ajang Product & Service of the Year 2022 sebagai apresiasi atas upaya mereka menghadirkan produk atau layanan terbaru.

Ia berharap rekognisi ini dapat mendorong dunia usaha untuk terus menciptakan inovasi-inovasi demi memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi konsumen Indonesia.

"Bagi dunia usaha sendiri, rekognisi ini diharapkan dapat mendorong merek untuk selalu relevan dengan berbagai perubahan," katanya.

Selain itu, dari sisi makro, dia berharap inovasi ini dapat mendorong pertumbuhan perekonomian melalui penciptaan permintaan baru.

Lis menjelaskan bahwa mayoritas inovasi yang dihadirkan oleh 20 pemenang Product & Service of the Year 2022 adalah menjawab kebutuhan konsumen pada masa pandemi. Namun, ada pula inovasi beyond pandemic untuk menangkap pasar baru atau sebagai upaya revitalisasi merek.

Ia mencontohkan es krim Campina sebagai pemenang kategori Pandemic Product Innovation mampu menghadirkan inovasi produk es krim dengan kandungan vitamin C sebesar 90 mg. Kandungan tersebut dinilai mencukupi untuk kebutuhan vitamin C harian seseorang, terutama pada masa pandemi.

"Majalah MIX MarComm meriset secara random sekitar 100 produk dan servis yang diluncurkan ke pasar pada 2 tahun terakhir (2020—2021)," kata Lis.

Baca juga: Jangan remehkan CSR, pakar dan pelaku bisnis ungkap manfaatnya

Baca juga: Pakar: Formasi kunci utama digital marketing bisnis properti efektif


Dari riset dan penilaian para pakar marketing dan branding seperti Amalia E. Maulana, Ph.D., Dr. A. Edhy Aruman (Senior Editor SWA Media Group/Dosen LSPR), dan Simon Jonatan (mantan Presdir PT Bintang Toedjoe) itu diperoleh 20 pemenang yang dibagi dalam empat kategori.

Berikut nama pemenang Product & Service of the Year 2022:

Kategori: Blue Ocean Product Innovation
1. Indofood CBP Sukses Makmur - Pop Mie Pake Nasi (PaNas)
2. Kobe Boga Utama - Mi BonCabe
3. Samsung Electronics Indonesia - Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G
4. Pigeon Baby - Pigeon Natural Botanical Baby
5. YOU Indonesia - YOUVIT x ERHA Collagen

Kategori: Blue Ocean Service Innovation
1. CGV Indonesia - Bioskop Sultan CGV
2. Wisanka Indonesia - Wisanka Outdoor Virtual Reality Showroom
3. Mamikos - Mamikos
4. Sharp Electronics Indonesia - Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI)
5. LG Electronics Indonesia - LG HVAC Virtual Experience

Kategori: Pandemic Product Innovation
1. Yoshinoya Indonesia - Yoshinoya Beef & Chicken Pack
2. Bumi Berkah Boga - Kopi Kenangan RTD Coffee
3. Campina Ice Cream Industry - Campina Ice Cream dengan Vitamin C 90mg
4. Samsung Electronics Indonesia - Kulkas Samsung Family Hub
5. YOU Indonesia - Youvit Omega-3

Kategori: Pandemic Service Innovation
1. Shopee Indonesia – ShopeePay
2. Traveloka - Inovasi Fitur Traveloka
3. Blue Bird - Bluebird Chat on Delivery (COD)
4. Bank Nobu - Nobu Drive Thru
5. Pertamina (Persero) - Pertamina Delivery Service
 

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022