Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang pada sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat pada akhir pekan ini.

"Waspadai hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah NTB," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Ari Wibianto dalam keterangan tertulisnya di Praya, Jumat.

BMKG mengimbau warga untuk waspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Kabupaten Dompu.

Kemudian pada hari Sabtu tanggal 26 Februari, BMKG potensi hujan di wilayah NTB terjadi di Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

"Potensi hujan terjadi di siang sampai malam hari," katanya.

Baca juga: BMKG: Waspada curah hujan sedang hingga malam Minggu di NTB
Baca juga: Gelombang sangat tinggi berpeluang hadir di perairan selatan Jawa-NTB

Dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang masyarakat diimbau selalu waspada dan berhati dengan dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genang air, angin kencang, kilat dan pohon tumbang.

BMKG juga mengimbau warga untuk mewaspadai gelombang laut yang mencapai 2 meter atau lebih akan melanda wilayah selat Lombok bagian selatan, Samudera Hindia selatan NTB dan Selat Sape bagian selatan.

"Dengan adanya gelombang tinggi itu diharapkan kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," katanya.

Baca juga: DKI Jakarta diprakirakan berawan pada Jumat malam

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022