Bandung (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan, pihaknya akan segera melakukan komunikasi dengan fraksi-fraksi lainnya di DPR RI terkait rencana uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon pimpinan KPK.

Oleh karenanya, dirinya sudah meminta kepada Ketua Fraksi PD Mohammad Jafar Hafsah untuk segera melakukan komunikasi dengan fraksi-fraksi yang ada di DPR RI.

"DPP PD sudah delegasikan kepada Ketua Fraksi PD untuk segera melakukan komunikasi dengan fraksi-fraksi lain," kata Anas usai Temu Wicara Ketum DPP PD dengan UMKM di Sentra Bisnis UKM Warung Lobak, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu.

Menurut dia, pemilihan calon pimpinan KPK tak hanya selesai oleh satu fraksi saja.

"DPR RI itu sembilan fraksi karena iitu masalah yang akan dipilih jadi pimpinan KPK tidak bisa diselesaikan oleh satu fraksi saja. Tentu harus bicara dari fraksi yang lain. Kalau bisa musyawarah mufakat untuk memilih empat dari delapan orang. Kalau tidak, kan ada mekanisme sendiri," tambah Anas.

Sementara itu, Ketua FPD Mohammad Jafar Hafsah menyatakan, dirinya sudah memberikan sinyal agar anggota Komisi III DPR RI dari FPD untuk yang terbik dari empat dari delapan nama calon pimpinan KPK.

"Nanti bisa dipilih empat nama atau bbisa juga tidak. Arahan fraksi adalah memilih yang terbaik dan mampu jawab tantangan korupsi, melakukan tindakan preventif agar tidak terjadi korupsi. FPD akan pelajari dan menganalisa dan nanti kita umumkan," kata Ja'far.

Pimpinan DPR RI telah menerima surat dari Presiden SBY. Surat tersebut berisi nama-nama calon pimpinan KPK.(*)
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011