Padang (ANTARA News) - Permintaan tiket pesawat di sejumlah tour dan travel di kota Padang hingga H-9 Idul Fitri 1432 Hijriah mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat dari hari-hari dari sebelumnya. Kebanyakan permintaan tiket pesawat terbang itu untuk ke Jakarta.

"Permintaan tiket pesawat ini sudah naik sejak empat hari lalu terutama tujuan Jakarta," kata Desi, petugas satu biro perjalanan di Jalan Pemuda, Padang, Sabtu.

Menurut dia, pada hari-hari sebelumnya, penjualan tiket hanya sekitar 15-20 tiket per hari, dan kini meningkat menjadi 55-70 tiket yang terjual.

Ia mengatakan, permintaan tiket tersebut juga telah ada yang dipesan H+2 hingga H+5 Lebaran untuk tujuan, Jakarta, Batam, dan Medan.

"Dari pemesanan itu, umumnya yang paling banyak laku terjual adalah tiket tujuan Jakarta," katanya.

Sementara, Ola Khairunnisa, petugas biro perjalanan lain di Jalan S Parman, Padang, mengatakan, penjualan kian hari kian melonjak. Bahan katanya, sejumlah tiket penerbangan untuk hari dan jam tertentu sudah habis terjual.

"Yang sudah habis terjual rata-rata tiket promo pesawat Lion Air rute Padang-Jakarta untuk keberangkatan seperti tiket tanggal 24 dan 26 Agustus," katanya.

Menurut Ola, harga penjualan tiket setiap hari berfluktuasi kisaran Rp591 ribu hingga Rp1,3 Juta tergantung maskapai penerbangannya. Ada empat maskapai penerbangan untuk jurusan Padang - Jakarta, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Air, dan Sriwijaya Air.

Harga tiket keempat pesawat tersebut bervariasi tergantung waktu dan kelasnya. Harga tiket pesawat Lion Air Padang - Jakarta sebesar Rp 441 ribu hingga Rp 1jutaan dan terbang tujuh kali sehari.

Tiket garuda Indonesia dibandrol Rp 523ribu sampai Rp1,2 juta, terbang lima kali sehari. Pesawat Batavia Air seharga Rp 477 ribu sampai 567 ribu dan terbang dua kali sehari. Harga tiket Sriwijaya Air sebesar Rp 360 - 550 ribu berangkat dua kali sehari dari Bandara Internasional Minangkabau.  (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011