Kami mendoakan yang terbaik untuk keluarga, teman, saudara dan semua orang yang berada di wilayah Ukraina
Jakarta (ANTARA) - Dua pebasket asal Ukraina yang saat ini meniti karier di NBA yakni center Sacramento Kings Alex Len dan forward Toronto Raptors Svi Mykhailiuk mengutuk invasi yang dilancarkan militer Rusia ke kampung halaman mereka.

Len dan Mykhailiuk pada Jumat merilis pernyataan bersama melalui media sosial pribadi masing-masing berharap perang segera berakhir dan menyampaikan pesan penguat pada kompatriot mereka di negaranya.

"Sebuah tragedi luar biasa menimpa tanah air kami Ukraina. Kami dengan tegas mengutuk perang," tulis pernyataan tersebut.

Baca juga: Rublev memohon perdamaian usai memenangi pertandingan "tidak penting"

"Ukraina adalah negara damai dan berdaulat berisikan orang-orang yang ingin menentukan nasib mereka sendiri. Kami mendoakan yang terbaik untuk keluarga, teman, saudara dan semua orang yang berada di wilayah Ukraina."

"Kami berharap perang mengerikan ini segera berakhir. Rekan-rekan Ukraina yang terhormat, bertahanlah! Dalam kebersamaan ada kekuatan. Kami bersama kalian!"
Pernyataan bersama Len dan Mykhailiuk menuai simpati dari asosiasi pebasket profesional NBA (NBPA) yang turut mengharapkan hal terbaik bagi keluarga keduanya maupun orang-orang di Ukraina.

"Pikiran dan doa kami bersama semua orang yang terdampak kejadian baru-baru ini Ukraina, khususnya kawan-kawan Ukraina kami Alex Len dan Svi Mykhailiuk serta keluarga mereka di masa-masa sulit ini," demikian cuit NBPA dalam akun Twitter resmi mereka, @TheNBPA.

Baca juga: Nikola Jokic nyaris triganda, Nuggets hantam Kings 128-110
Len lahir di Antratyst, Ukraina, bermain basket di sana untuk Dnitpropetrovsk Higher College serta membela negaranya di beberapa turnamen FIBA dan sempat mengenyam karier Liga Basket Super Ukraina bersama klubBC Dnipro.

Setelah dua musim menimba ilmu di Universitas Maryland, Len masuk NBA sebagai pilihan kelima NBA Draft 2013 yang direkrut Phoenix Suns. Ini jadi tenor keduanya membela Kings setelah juga sempat mencicipi tampil bersama Suns, Atlanta Hawks, Toronto Raptors dan Washington Wizards.

Mykhailuk baru masuk NBA lewat Draft 2018 saat pemain kelahiran Cherkasy itu direkrut sebagai pilihan ke-47 oleh Los Angeles Lakers. Ia membela Ukraina dalam Piala Dunia FIBA 2014 dan sebelum merapat ke Raptos sempat berseragam Detroit Pistons serta Oklahoma City Thunder.

Baca juga: Warriors melenggang mulus akhiri tren positif Trail Blazers
Baca juga: Suns lanjutkan rutinitas menang saat lumat Thunder 124-104

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022