Ini membutuhkan keterbukaan karena saya percaya informasi yang memadai akan menuntun kita mengambil keputusan yang tepat
Jakarta (ANTARA) - Ketua Bakohumas dan Dirjen Informasi dan Komunikasi Kemenkominfo Usman Kansong menekankan pentingnya komunikasi internal kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara.

Usman saat menyampaikan sambutan dalam Webinar Kehumasan Pemindahan IKN, Jumat, mengakui bahwa ada sejumlah penolakan dari ASN terkait pemindahan ke Nusantara.

“Memang ASN sudah menandatangani perjanjian untuk ditempatkan di mana saja, tapi keengganan ini tidak bisa dianggap enteng karena berpotensi kehilangan aset ASN kita,” ujarnya.

Oleh karena itu pemerintah menggunakan strategi komunikasi dengan internal public relations melalui penerapan beberapa langkah. Pertama, ASN perlu mendapatkan informasi yang memadai, benar, dan detail.

“Ini membutuhkan keterbukaan karena saya percaya informasi yang memadai akan menuntun kita mengambil keputusan yang tepat,” katanya.

Baca juga: 180.000 ASN siap-siap pindah ke Kaltim

Kemudian, lanjutnya, harus ada inspirasi terutama dari pejabat level di atas bahwa dengan pindah akan ada banyak peluang baru yang bisa dimanfaatkan, baik untuk kemajuan diri sendiri, organisasi, kementerian/lembaga, dan bangsa. Selain itu ASN harus senantiasa dilibatkan dalam proses pemindahan IKN agar tidak hanya mendengar isu saja.

“Narasi utama yang perlu secara konsisten ditegaskan adalah pemindahan IKN menjadi landasan kemajuan bangsa untuk menggeser orientasi pusat pertumbuhan menuju Indonesia sentris,” tutur dia.

Ia menyarankan seluruh kajian terkait pemindahan IKN disampaikan secara berkala kepada ASN menggunakan konten kreatif seperti infografis, virtual tour, diorama desain kota IKN, hingga story stelling. Hal tersebut bertujuan agar kesan yang diterima ASN bukan keterpaksaan, melainkan persuasi agar menimbulkan partisipasi.

Adapun Kementerian PAN-RB telah menyusun skema pemindahan ASN pusat ke IKN dengan dua skema pemindahan sebanyak 118 ribu hingga 180 ribu ASN, yang akan pindah bergantung pada skema mana diterapkan.

“Ini perlu dikomunikasikan dengan baik untuk mengurangi kesimpangsiuran isu, sekaligus melibatkan para ASN untuk mengantisipasi perubahan yang akan dihadapi,” kata Usman.

Baca juga: Menpan-RB: Seluruh ASN pusat wajib mau ke Ibu kota baru

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022