Cilegon (ANTARA News) - Selama arus mudik dan balik Lebaran, tiga pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kota Cilegon akan buka selama 24 jam non stop.

"Sesuai dengan rencana operasi yang kami miliki, selama arus mudik H-7 sampai H+7, tiga Puskesmas di Kota Cilegon akan buka 24 jam," kata Kepala Dinkes Kota Cilegon, Suminar, Senin.

Ketiga Puskesmas yang buka selama arus mudik diantaranya, Merak, Cilegon dan Puskesmas Cibeber. "Kalau RSUD Cilegon, sudah pasti non stop, dan untuk pusat pos kesehatan selain di RSUD Cilegon juga di depan rumah dinas wali kota," katanya menambahkan.

Disetiap Puskesmas itu nantinya masih menurut Suminar, akan disiagakan dua orang dokter dengan dibantu delapan perwat. "Setiap pergantian dokter dan perawat akan dilakukan delapan jam sekali, atau dibuat tiga shift," katanya menambahkan.

Senada diungkapkan Sekretaris Dinkes Kota Cilegon, Ardianna, bahwa pemudik yang membutuhkan pertolongan dapat langsung ditangani Puskesmas atau dirujuk ke RSKM, rumah sakit milik PT Krakatau Steel.

"Selama arus mudik dan balik Lebaran, kami juga menyiapkan masing-masing di Puskesmas tersebut satu unit ambulance, sebagai sarana pendukung yang sangat penting," ujarnya.

Selama arus mudik dan balik lebaran, Dinkes Kota Cilegon, juga mendirikan sejumlah posko kesehatan, termasuk posko gabungan di Pelabuhan Merak.

"Kami berusaha semaksimal mungkin melakukan antisipasi untuk pemudik, selain membuka Puskesmas 24 jam, juga mendirikan posko kesehatan baik gabungan maupun posko sendiri," ungkapnya.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011