Jakarta (ANTARA News) - Partai Amanat Nasional menyediakan 100 bus yang akan dikerahkan untuk mengangkut pemudik secara gratis dari Jakarta dan sekitarnya menuju berbagai provinsi menjelang Lebaran 2011.

Siaran pers DPP PAN yang disampaikan di Jakarta, Senin, menyebutkan, kegiatan bertajuk "Mudik Gratis Bareng PAN" itu dilaksanakan dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun PAN ke-13.

"Mudik Gratis Bareng PAN" itu sebagai wujud rasa syukur PAN dan berbagi kegembiraan bersama masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah agar mereka dapat merayakan kedatangan hari kemenangan Idul Fitri 1432 Hijriah di tengah keluarga masing-masing.

Menurut Ketua Panitia Mudik Gratis Bareng PAN, HA Bakri HM, "Mudik Gratis Bareng PAN" juga sebagai bentuk keprihatinan terhadap mahalnya biaya transportasi untuk mudik.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa setiap menjelang akhir Ramadhan, harga tiket bus, kereta api, kapal laut dan moda angkutan umum lain selalu mengalami kenaikan, bahkan hingga 100 persen. Hal ini tentu sangat memberatkan bagi perantau di Jakarta dan kota-kota besar lain, terlebih mereka yang membawa anak dan istri.

"Mudik Gratis Bareng PAN" juga dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan kendaraan bermotor selama perjalanan mudik.

Kegiatan "Mudik Gratis Bareng PAN" mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Kurang dari seminggu, kuota 100 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dengan total kursi sekitar 5.000 penumpang penuh terisi.

Untuk menjadi peserta "Mudik Gratis Bareng PAN" sangat mudah karena cukup menyerahkan foto kopi kartu tanda penduduk (KTP). Setelah itu, peserta mudik langsung mendapatkan tiket sesuai dengan kota tujuan masing-masing.

"Mudik Gratis Bareng PAN" dilaksanakan pada Selasa, 23 Agustus 2011, bertempat di Parkir Timur Senayan, mulai pukul 06.00 WIB. Bus yang disediakan berjumlah 100 bus, baik AC maupun non AC.

Sedangkan Provinsi tujuan mudik antara lain, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung dan Sumatera Selatan.

Ketua Panitia Mudik Gratis Bareng PAN, HA Bakri HM, bus-bus tersebut menjangkau seluruh Kabupaten/Kota di seluruh provinsi tersebut.

"Mudik Gratis Bareng PAN" akan dilepas oleh Ketua Umum PAN M Hatta Rajasa dan Ketua MPP Bapak Amien Rais. Para pemudik mendapat tambahan fasilitas, seperti rompi, bingkisan, ta`jil maupun door prize. (S023)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011