Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar), Jero Wacik, melakukan safari Ramadhan sekaligus mengecek kesiapan obyek wisata secara sampling di Taman Margasatwa Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Kunjungan ke dua obyek wisata ini merupakan sampling, mulai besok Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenbudpar akan melakukan hal serupa di beberapa daerah tujuan wisata untuk memastikan obyek wisata di seluruh Tanah Air telah siap menghadapi lonjakan wisatawan khususnya wisatawan nusantara saat libur lebaran," kata Menbudpar, Jero Wacik, saat kunjungan ke Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta, Senin.

Pihaknya ingin memastikan obyek wisata siap dalam berbagai hal termasuk mengantisipasi lonjakan pengunjung pada libur lebaran tersebut.

Ia juga meminta kepada seluruh pengelola obyek wisata di Tanah Air agar mengecek semua sarana dan parasarana wisata di obyek wisata mereka untuk memastikan keberadaannya aman bagi pengunjung.

"Pastikan bahwa safety-nya ok, cari di mana titik-titik yang berpotensi membahayakan pengunjung, cek apakah ada pagar yang rusak, atau fasilitas lain yang rusak, segera perbaiki dalam sepekan ini," katanya.

Khusus kepada pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Menteri berpesan agar juga mengecek kesiapan sarana dan prasarana wisata yang ada agar tidak membahayakan pengunjung.

Ia juga meminta agar kapasitas sebuah obyek wisata tetap dijaga jangan sampai kelebihan muatan demi keamanan pengunjung.

"Saya juga sudah sampaikan surat edaran kepada gubernur, bupati, dan walikota di seluruh Indonesia agar memastikan dan mengecek ulang obyek wisata di daerah mereka masing-masing," kata Menteri Jero Wacik.

Sementara itu, Kepala Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Taman Margasatwa Ragunan, Enny Pudjiwati, pada kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi dan mempersiapkan sarana dan prasarana menjelang libur lebaran.

"Kami akan membuka loket tambahan dari semula 22 loket menjadi 56 loket computerize dan 8 manual. Kalau jumlah itu kurang kami siap tambah," kata Enny.

Pihaknya juga merekrut tenaga insidentil 750 orang dengan karyawan tetap sebanyak 436 orang.

Semua pintu di empat penjuru yang selama ini banyak dikeluhkan terlampau sempit akan dibuka seluruhnya agar akses pengunjung semakin mudah.

Enny memprediksikan jumlah pengunjung pada masa libur lebaran yang akan membanjiri Taman Margasatwa Ragunan akan mencapai 750.000 orang.

Tahun lalu kebun binatang seluas 140 ha itu dikunjungi 168.000 orang dalam satu hari saat peak season lebaran.

"Kabar baiknya harga tiket masuk tidak akan kami naikkan tetap Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak. Ditambah Rp500 untuk asuransi," demikian Enny Pudjiwati. (H016)



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011