Jakarta (ANTARA) - Tim bola voli putra Surabaya Bhayangkara Samator memastikan satu tempat pada final four PLN Mobile Proliga 2022 menyusul Jakarta Pertamina Pertamax dan Bogor LavAni.

Samator menjadi tim ketiga yang lolos ke semifinal setelah mengalahkan Palembang Bank SumselBabel pada pertandingan pekan ketujuh putaran II di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, dengan skor 3-1 (26-24, 25-20, 27-29, 25-21).

Kemenangan tersebut membuat tim asuhan Sigit Ari Widodo meraih tiga poin, sehingga mereka menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan mengoleksi 16 poin, hasil dari lima kemenangan dan empat kali kalah.

Baca juga: Samator bangkit dan raih poin penuh saat hadapi Sukun Badak

Asisten manajer Samator, Kombes Indra Mangunsong, menyambut gembira hasil kali ini. Namun, dia juga mengatakan perjalanan Rendy Tamamilang dan kawan-kawan akan jauh lebih berat pada laga berikutnya.

"Kami sudah aman dengan lolos ke final four. Namun kami juga harus meraih kemenangan pada pertandingan melawan Pertamina Pertamax pada seri kedelapan, Sabtu (5/3), untuk meningkatkan mental tim," ujar Indra dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Pada pertemuan sebelumnya, Samator harus mengakui ketangguhan Pertamina Pertamax pada putaran I dengan skor 2-3 (19-25, 25-19, 15-25, 25-21, 9-15). "Tentu harus menang melawan Pertamina agar mental anak-anak bisa meningkat," kata Sigit.

Baca juga: Proliga 2022: Pelatih Samator beberkan penyebab kekalahan dari LavAni

Samator berada di urutan ketiga di bawah Pertamina Pertamax dan LavAni yang berada di urutan pertama dan kedua dengan sama-sama mengantongi 17 poin.

Sementara itu, Palembang Bank SumselBabel hampir pasti gagal melangkah ke babak empat besar meski masih menyisakan dua laga tersisa masing-masing melawan Bogor LavAni pada Jumat (4/3) dan Jakarta BNI 46 pada Minggu (6/3).

Saat ini, Palembang Bank SumselBabel terpuruk di dasar klasemen dengan mengantongi lima poin hasil dari dua kali menang dan enam kali kalah. Sementara Jakarta BNI 46 di urutan keempat dengan 10 poin dan Kudus Sukun Badak di posisi kelima dengan tujuh poin.

Baca juga: LavAni puncaki klasemen sementara Proliga 2022 usai kalahkan Samator

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022