Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta menjalin kerja sama dengan Bank Muamalat Indonesia menyediakan pembiayaan bagi perempuan pengusaha mikro di Indonesia.

Siaran pers Kedutaan Besar AS yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan, Kedutaan Besar AS di Jakarta telah menandatangani perjanjian kerja sama itu dengan Bank Muamalat Indonesia.

Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) akan memberikan jaminan sebesar 1,15 juta dolar AS dalam bentuk kredit mikro kepada kaum perempuan yang berpenghasilan kecil di Indonesia untuk menjalankan usaha sendiri.

"Dengan dana ini, kaum perempuan dapat memulai bisnis mereka sendiri, mendapatkan penghasilan, membantu keluarga, dan akhirnya memiliki kesempatan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik," sebut Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel dalam siaran pers tersebut.

Bank Muamalat menerapkan prinsip syariah dalam pembiayaan bagi pemohon, yang mungkin berasal dari beragam latar belakang agama.

Perjanjian ini menandai pertama kalinya di dunia, USAID memberikan program penjaminan kepada lembaga keuangan syariah.

Kesepakatan yang ditandatangani di bulan Ramadhan diharapkan memperat hubungan Pemerintah AS dengan dunia Muslim, serta merupakan sebuah contoh bagi kerja sama dengan lembaga keuangan syariah di masa depan, serta menudukung usaha pemberdayaan dan kewirausahaan kaum perempuan. (ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011