Jakarta (ANTARA) - Memilih kursus daring (online) yang tepat menjadi hal yang kritikal karena akan mempengaruhi kualitas kemampuan kecakapan yang akan didapat, termasuk Bahasa Inggris.

Berikut lima hal penting yang perlu diketahui saat memilih kursus online Bahasa Inggris, menurut Cakap, Senin.

Cari kelas dengan jadwal fleksibel

Jika waktu menjadi penghambat, Anda bisa memilih kursus online yang memiliki jadwal yang fleksibel. Dengan seperti itu, Anda akan tetap mendapatkan ilmu baru dalam berbahasa Inggris tanpa harus mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pilih kelas live dan interaktif

Sebuah studi dari Carnegie Mellon University mengenai pembelajaran online menunjukkan bahwa kelas interaktif akan memberikan pengalaman belajar yang paling efektif dan bermanfaat.

Dibandingkan dengan pembelajaran satu arah, pembelajaran secara live dan interaktif memberikan kesempatan kepada para murid untuk belajar dan bertanya langsung bersama guru.

Selama pembelajaran live guru akan mendampingi muridnya agar dapat mempraktekkan langsung kemampuan berbahasa Inggris. Guru dapat memperbaiki kekurangan secara langsung saat belajar.

Kursus online dengan placement test

Pilih kursus yang bersedia memberikan placement test untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris Anda sekarang. Hal ini merupakan bagian yang paling penting untuk memulai belajar Bahasa Inggris, agar penempatan kelas tidak salah di kemudian hari.

Dari sini akan diketahui apa saja kekurangan yang perlu dipelajari lebih lanjut sehingga target kemampuan Bahasa Inggris yang ingin dicapai dapat tepat sasaran.

Di Cakap, Anda hanya membayar Rp10.000 untuk melakukan Placement Test langsung bersama guru Cakap.

Cari kurikulum Bahasa Inggris terbaik

Ketika memilih kelas Bahasa Inggris online, Anda juga perlu memerhatikan kurikulum yang digunakan. Kurikulum tersebut dapat mempengaruhi kualitas pelajaran yang akan didapatkan.

Saat ini, kurikulum Bahasa Inggris CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) merupakan kurikulum yang paling kredibel untuk digunakan.

CEFR membimbing guru dan siswa untuk dapat mengetahui tingkatan kemahiran Bahasa Inggris secara terstruktur. CEFR kini menjadi acuan terbaik untuk dijadikan sebagai kurikulum dalam belajar Bahasa Inggris.

Bisa praktek langsung dengan guru bahasa asing

Kelebihan dari belajar dengan guru bahasa asing adalah mereka dapat membantu siswa untuk membiasakan diri berinteraksi dengan orang asing baik dalam segi bahasa dan budaya.

Pengalaman yang didapatkan saat belajar bersama guru bahasa asing akan banyak yang menarik.

Baca juga: ELSA Speak rilis fitur pengenalan suara dan "feedback engine API"

Baca juga: Tips meningkatkan kecakapan berbahasa Inggris

Baca juga: Kecakapan berbahasa Inggris di Indonesia turun 6 peringkat

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022