Surabaya (ANTARA News) - Puncak arus mudik Lebaran di tiga terminal Kota Surabaya yakni Purabaya, Osowilangun dan Joyoboyo diperkirakan terjadi pada H-3 atau pada Sabtu (27/8) mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Eddi, Rabu, mengatakan pada puncak arus mudik mendatang diperkirakan ada sekitar 116.137 penumpang yang akan memadati tiga terminal tersebut.

"Banyaknya penumpang tersebut tidak lepas dari banyaknya warga yang mulai libur Lebaran pada Sabtu (27/8) mendatang," katanya.

Selain itu, lanjut dia, cuti bersama juga diberlakukan kepada pegawai negeri sipil (PNS) maupun karyawan BUMN mulai 29 Agustus sampai dengan 2 September mendatang.

Untuk mengantisipasi banyaknya penumpang, lanjut dia, pihaknya menyiapkan sebanyak 2.944 unit armada bus antar kota laik jalan sudah dalam menyambut arus mudik Lebaran 2011.

Menurut Eddi sejumlah persiapan sudah dilakukan di tiga terminal meliputi, kesiapan armada, fasilitas terminal, serta pengerahan petugas pengamanan terminal. "Semua sudah kami siapkan, termasuk petugas pengamanan. Kami berharap arus mudik dan arus balik kali ini berjalan lancar," ujarnya. (A052)



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011