Surabaya (ANTARA News) - Tim Nasional U-23 kembali memetik kemenangan setelah membungkam Persebaya dengan skor 3-1 pada pertandingan uji coba di Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya, Rabu malam.

Kemenangan ini merupakan yang kedua beruntun setelah sehari sebelumnya Timnas menaklukkan tim Liga Primer Indonesia (LPI), Bali Devata, dengan skor 4-2.

Sempat tampil lamban dan kurang berkembang pada awal babak pertama, Timnas yang disiapkan menghadapi SEA Games 2011 itu akhirnya mampu unggul 2-0 melalui Yongki Aribowo menciptakan gol pada menit ke-27 dan tendangan bebas Joko Sasongko pada menit ke-37.

Sebelum lahirnya dua gol tersebut, Persebaya beberapa kali melakukan tekanan ke pertahanan Timnas, tetapi tendangan I Made Wirahadi masih melambung di atas mistar gawang.

Pelatih Timnas Rahmad Darmawan terpaksa mengistirahatkan Andik Vermansyah yang mengalami cedera di pertengahan babak pertama setelah dilanggar dengan keras oleh Johan Ibo.

Pemain bertahan Persebaya ini juga tampil sedikit kasar saat menghentikan pergerakan Ramdani Lestaluhu sehingga mendapatkan teriakan dari suporter Persebaya. Setelah aksi tersebut, Johan Ibo kemudian ditarik keluar.

Penyerang Timnas U-23 Zulham Zamrun memperbesar keunggulan pada menit ke-61, meneruskan tendangan bebas Mahadirga Lasut.

Empat menit berselang, tuan rumah Persebaya memperkecil skor lewat eksekusi penalti Otavio Dutra, setelah Rendi Irawan dijatuhkan Abdurrahman di kotak terlarang.

"Saya cukup puas dengan penampilan anak-anak yang grafiknya terus meningkat, meskipun masih banyak yang perlu dibenahi," ujar Rahmad Darmawan usai pertandingan.

Rahmad juga menyesalkan tindakan kasar yang dilakukan pemain bertahan Persebaya Johan Ibo sehingga mengakibatkan Andik Vermansyah cedera.

"Semestinya dia (Johan Ibo) mendapat kartu merah, tapi saya berterima kasih karena mas Ibnu (asisten pelatih Persebaya Ibnu Grahan, red) sudah lebih dulu menarik dia," tambahnya.

Setelah dua laga uji coba di Surabaya, pemain Timnas U-23 akan mendapatkan libur Lebaran dan dijadwalkan kembali menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta pada 5 September 2011.
(T.D010/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011