Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia akan fokus pada perbaikan pertahanan saat menghadapi tuan rumah Yordania, Sabtu (27/8) pada pertandingan ujicoba internasional sebelum turun pada Pra Piala Dunia 2014 melawan Iran, 2 September nanti.

Media Officer Timnas Desy Christina saat dikonfirmasi dari Jakarta, Jumat mengatakan, berdasarkan penuturan asisten pelatih timnas Liestiadi, Firman Utina dan kawan-kawan ditekankan untuk meminimalisir kebobolan dengan memperkuat pertahanan.

"Makanya pada pertandingan melawan Yordania akan dicoba bertahan dan dukung dengan counter attack," katanya.

Menurut dia, pada pertandingan ujicoba terakhir sebelum pertandingan resmi Pra Piala Dunia 2014 putaran ketiga ini beberapa pola permainan akan diterapkan. Hanya saja, pola apa yang akan digunakan tidak disebutkan.

Meski demikian, kata dia, pada pertandingan ujicoba nanti diharapkan semua pemain menunjukkan kemampuan terbaiknya agar pelatih Wim Rijsbergen bisa memantau kemampuan pemain sebelum ditetapkan menjadi pemain utama.

"Siapa yang akan diturunkan saat lawan Iran akan ditentukan usai pertandingan ujicoba ini," katanya menambahkan.

Timnas Merah Putih terbang ke Yordania dengan kekuatan 23 pemain yang terdiri dari tiga penjaga gawang yaitu Ferry Rotinsulu, Markus Haris Maulana dan I Made Wirawan. Untuk pemain belakang Hamka Hamzah, M Roby, Wahyu Wijiastanto, Benny Wahyudi, Amrizal, Zukifly Syukur dan M. Nasuha.

Pengisi pos pemain tengah Hariono, M Ridwan, Supardi, Eka Ramdani, Oktovianus Maniani, Tony Sucipto, M Ilham, Firman Utina dan Arif Suyono serta empat pemain depan yaitu Bambang Pamungkas, Christian Gonzales, Irfan Bachdim dan Ferdinan Sinaga.

Untuk menghadapi tuan rumah Yordania dan Iran dipastikan tidak diperkuat oleh striker andalan Indonesia yaitu Boaz Salossa dan pemain tengah Ahmad Bustomi. Kedua pemain itu tidak dibawa pulang kampung dan mengalami sakit.

Absennya Boaz dilini depan, tidak membuat pelatih asal Belanda itu kesulitan menentukan formasi. Terbukti saat menghadapi Palestina di Solo, Senin (22/8), Wim menurunkan tiga striker sekaligus yaitu Bambang Pamungkas, Irfan Bachdim dan Christian Gonzales.

"Target melawan Iran adalah mencuri poin. Jadi seluruh pemain diharapkan mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya," kata Desy menegaskan.

Indonesia pada Pra Piala Dunia 2014 putara tiga Zona Asia berada satu grup dengan Iran, Bahrain dan Qatar. Setelah menghadapi Iran, M Roby dan kawan-kawan akan menghadapi Bahrain di Jakarta, Selasa (6/8).
(T. B016/S019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011