Sejak kemuculan binatang buas tersebut sejumlah warga tidak berani keluar rumah pada malam hari, karena takut binatang tersebut akan muncul dan menerkam,...
Liwa, Lampung (ANTARA News) - Kawanan harimau yang diduga keluar dari Hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan memangsa puluhan hewan ternak  sapi dan kambing.

"Sejak memasuki musim kemarau ini, kawanan harimau kerap muncul di area permukiman warga, dan biasanya binatang tersebut muncul pada malam hari dan memangsa ternak yang ada," kata Suprapto (39), warga Kecamatan Bengkunat Belimbing, Lampung Barat, sekitar 378 Kilometer dari Bandarlampung, di Bengkunat Belimbing, Sabtu.

Dia menjelaskan sudah sepekan kawanan binatang buas itu memangsa ternak dan kambing yang di mangsa sudah puluhan.

"Sejak kemuculan binatang buas tersebut sejumlah warga tidak berani keluar rumah pada malam hari, karena takut binatang tersebut akan muncul dan menerkam, dan kondisi ini membuat suasana kampung menjadi mencekam pada malam hari," kata dia.

Suprapto juga mengatakan kawanan harimau mulai menampakkan diri pada siang hari, saat sejumlah ternak mulai dikeluarkan dari kandang.

Sementara itu  Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II, Achmad Sutardi, mengatakan, petugas akan melakukan pemantauan terhadap satwa liar yang berasal dari hutan di kawasan tersebut.
(ANT-049)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011