kelurahan paling rendah kasus aktif COVID-19 ditempati  Kelurahan Duri Kosambi di wilayah Cengkareng dengan temuan empat kasus aktif
Jakarta (ANTARA) - Kasus aktif COVID-19 di Kelurahan Pegadungan masih tertinggi di Jakarta Barat  mencapai 570 pasien per 1 Maret 2022 berdasarkan data Suku Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Arum Ambarsari terkait data tersebut mengatakan sebanyak 570 pasien COVID-19 tersebut kini masih menjalani isolasi mandiri dan perawatan di rumah sakit.

"Ada yang dirawat di rumah sakit dan ada yang menjalani isolasi mandiri. Untuk yang isolasi mandiri merupakan pasien tanpa gejala," kata Arum saat dikonfirmasi, Rabu.

Sedangkan untuk kelurahan paling rendah kasus aktif COVID-19 ditempati  Kelurahan Duri Kosambi di wilayah Cengkareng dengan temuan empat kasus aktif.

Lebih jauh, Ambar belum bisa memastikan apa penyebab utama tingginya angka kasus aktif di kelurahan Pegadungan.

Dia hanya memastikan pihaknya sudah melakukan beragam upaya untuk menekankan kasus COVID-19 per kelurahan.

Upaya tersebut diantaranya sosialisasi kepada warga tentang penerapan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi "booster" lewat puskemas dan pihak swasta.

Masih terkait data sebaran COVID-19, saat ini Jakarta Barat memiliki total kasus aktif sebanyak 5.712 kasus.

Jumlah kasus tersebut terdiri dari Kecamatan Cengkareng  399 kasus, Kecamatan Grogol Petamburan 308 kasus, Kecamatan Kalideres 1.707 kasus, Kecamatan Kebon Jeruk 381 kaus, Kecamatan Kembangan 2.015 kasus, Kecamatan Palmerah 305 kasus, Kecamatan Tamansari k 225 kasus, dan Kecamatan Tambora  372 kasus.

"Untuk jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit ada 653 orang dan pasien isoman ada 5.054 orang," kata dia.
Baca juga: Pemkot kerahkan 150 petugas tangani sampah medis di rumah warga isoman
Baca juga: RT zona merah di Jakbar terbanyak keempat di DKI Jakarta
Baca juga: 24 pasien COVID-19 jalani isolasi di Masjid Raya Hasyim Asy'ari Jakbar

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022