Bagi warga korban banjir yang sakit silahkan datang ke posko kesehatan atau puskesmas setempat
Serang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Serang, Banten,  menyiapkan 16 puskesmas serta posko layanan kesehatan di titik lokasi banjir untuk memberikan layanan kesehatan kepada warga terdampak banjir.

"Bagi warga korban banjir yang sakit silahkan datang ke posko kesehatan atau puskesmas setempat. Ada 16 puskesmas yang siap melayani, ditambah posko di dekat titik banjir," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang A. Hasanudin di Serang, Rabu.

Ia mengatakan selain puskesmas yang sudah ada sebelumnya, pihaknya juga menyiapkan beberapa posko kesehatan di lokasi banjir seperti di dekat Rutan Magersari, Kaujon, Lopang Cilik, Kasemen dan beberapa petugas kesehatan yang bergerak.

Baca juga: BNPB: Dua warga meninggal dalam banjir di Kota Serang

"Tadi saja di Posko Kesehatan Lopang Cilik ada sekitar 130 warga yang datang untuk berobat. Rata-rata mereka merasa pusing dan mual," kata Hasanudin.

Ia mengimbau warga korban banjir untuk tetap tenang dan tidak panik serta menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan juga perlu mengantisipasi penyakit pascabanjir seperti gatal-gatal yang diakibatkan dari lingkungan rumah yang kurang bersih karena bekas banjir.

Baca juga: 2.298 rumah warga terdampak banjir di Kota Serang

"Kami bersama tim terus memantau untuk memberikan layanan kesehatan kepada warga," kata Hasajudin.

Sementara itu setelah terjadinya banjir di puluhan titik pemukiman warga di Kota Serang, warga dibantu para relawan dan aparat membersihkan sampah dan lumpur di sekitar pemukiman warga yang terkena banjir.

Baca juga: Banjir di kota Serang sudah surut di dua kelurahan

Baca juga: BPBD catat empat kecamatan di Kota Serang terdampak banjir

Pewarta: Mulyana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022