Karawang (ANTARA News) - Pemudik bersepeda motor "menyemut" di jalur khusus sepeda motor jalan raya Johar-Cikalongsari Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sepanjang H-4 Lebaran (Jumat, 26/8) malam sampai H-3 atau Sabtu.

Volume kendaraan pemudik yang melewati jalur itu kian meningkat hari ini. Sementara kepadatan pemudik bersepeda motor juga terjadi di wilayah Telagasari.

Arus lalu lintas di jalur khusus sepeda motor dilaporkan padat merayap hingga Cikalongsari atau akhir jalur khusus sepeda motor.

Edi, seorang pemudik bersepeda motor tujuan Brebes, mengaku berangkat mudik dari Bekasi pada Sabtu dini hari sekitar pukul 1.00 WIB. Tetapi baru sampai ke jalur Pantura wilayah Cikalongsari sekitar pukul 6.00 WIB.

Ia mengaku berangkat pada Sabtu dini hari agar tidak panas saat melintasi jalur Pantura. Tetapi, karena kondisinya macet, tetap saja terjebak panas di jalur Pantura.

"Selain terjebak macet di wilayah Bekasi, saya juga terjebak macet di beberapa titik jalur khusus sepeda motor Karawang," kata dia di Karawang, Sabtu.

Diantara titik kemacetan di jalur khusus sepeda motor tersebut ialah di sejumlah titik perempatan jalan dan pasar tumpah.

Sementara itu, jalur khusus sepeda motor sepanjang sekitar 45 kilometer mulai diberlakukan pada Kamis (25/8) malam pukul 21.55 WIB.

Pengalihan tersebut dilakukan menyusul terjadinya kepadatan kendaraan di simpang Jomin menuju jalur Pantura.

Kegiatan pengalihan pemudik bersepeda motor ke jalur khusus sepeda motor itu dipimpin langsung Kapolres Karawang, AKBP Merdisyam bersama Wakapolres Karawang, Kompol Agus Sumartono.

Sebelum dialihkan, ribuan pemudik yang melintasi jalan raya Ahmad Yani Karawang diberhentikan terlebih dahulu, untuk mendapat penjelasan jalur yang akan dilalui.

Dengan menggunakan kendaran roda empat, petugas dari Polres Karawang mengawal para pemudik bersepeda motor itu dalam melintasi jalur khusus sepeda motor, yakni melalui jalur Johar-Telagasari-Lemahabang-Cikalongsari.

(KR-MAK/S019)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011