Berlin (ANTARA News/AFP) - Sebanyak tiga gol dari striker Jerman Mario Gomez memberi Bayern Munich kemenangan 3-0 di Kaiserslautern, Sabtu, yang mengirim mereka ke puncak klasemen Bundesliga untuk pertama kalinya pada musim ini.

Bayern mengumpulkan sembilan poin dan memuncaki klasemen berdasarkan selisih gol dari Werder Bremen, yang bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 di Hoffenheim berkat gol dari  Marko Arnautovic dan Markus Rosenberg.

Pertandingan Sabtu malam antara juara bertahan Borussia Dortmund dan runner-up musim lalu Bayer Leverkusen berakhir imbang 0-0, yang membuat kedua tim mengumpulkan tujuh poin.

Pelatih Bayern Jupp Heynckes menurunkan tim inti yang berbeda di Kaiserslautern, dengan Arjen Robben absen karena cedera kunci paha dan Rafinha, Luis Gustavo serta Toni Kroos berada di bangku cadangan.

Namun itu tidak membuat Bayern tidak mendominasi pertandingan di Fritz-Walter-Stadion, dan setelah menyia-nyiakan beberapa peluang mereka akhirnya unggul pada menit ke-37 ketika Gomez menyarangkan hasil tendangan penalti.

Bayern mendapat tendangan penalti kedua pada menit ke-55, menyusul pelanggaran terhadap Thomas Muller, dan meskipun tendangan dari titik penalti Gomez berhasil ditepis oleh kiper Kevin Trapp, mantan pemain Stuttgart itu menyarangkan bola pantulnya.

Gomez menggenapi hatriknya pada menit ke-69, yang mmebuat pengumpulan golnya musim ini menjadi empat, dengan menyelesaikan permainan bagus Muller dengan tendangan kaki kiri.

"Saya selalu mengatakan bahwa tim akan meningkat dari pertandingan demi pertandingan," kata Heynckes. "Dan kami masih bisa lebih baik sehingga tim bisa menjadi lebih kompak lagi."

Bayern, yang memukul Hamburg 5-0 akhir pekan lalu, belum pernah kemasukan satu gol pun sejak kekalahan kandang mengejutkan 0-1 dari Borussia Moenchengladbach pada hari pembuka.

"Pertahanannya tidak membiarkan apapun lewat," tambah Heynckes. "Mereka bermain sangat percaya diri dan sangat tertata rapi."

Kendati tidak menghasilkan gol, pertandingan antara Leverkusen dan Dortmund tampak hidup dan kedua tim mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain.

Dortmund awalnya berhutang budi kepada kiper mereka Roman Weidenfeller, yang menghasilkan serangkaian penyelamatan secara refleks untuk menahan tim tuan rumah yang dipimpin oleh Andre Schuerrle yang tak terbendung.

Akan tetapi, pertandingan menguntungkan bagi Dortmund ketika pada menit ke-64 Michal Kadlec diusir dari lapangan.

Shinji Kagawa dan pemain cadangan Kevin Grosskreutz keduanya nyaris mencetak gol bagi tim tamu, sebelum kartu merah bagi bintang Jerman Mario Goetze pada menit ke-77 membuat Dortmund tidak lagi diuntungkan oleh kelebihan pemain.

Bek tengah Dortmund Mats Hummels tampaknya akan memberi tim tamu kemenangan pada akhir pertandingan namun golnya dibatalkan oleh wasit yang sudah terlanjur meniup peluit.

Hamburg kembali mengalami masa suram setelah menyia-nyiakan keunggulan 3-2 menjadi kalah 3-4 di kandang sendiri melawan Cologne, yang membuat mereka berada di posisi terbawah klasemen.

Striker Korea Selatan Son Heung-Min membawa tuan rumah unggul lebih dulu pada menit ke-62, tetapi Christian Clemens yang dibiarkan tanpa pengawalan menyamakan kedudukan melalui tendangan pojok pada menit ke-84.

Keadaan semakin buruk empat menit kemudian, ketika usaha lemah dari kiper Hamburg Jaroslav Drobny memberi peluang Kevin McKenna menyarangkan tendangan volinya.

Freiburg, yang berada di urutan kesembilan pada musim lalu, memastikan kemenangan pertama mereka musim ini dengan sukses di kandang 3-0 melawan Wolfsburg.

Oliver Barth membuka skor dengan sundulan pada menit ke-30, sebelum striker Papiss Demba Cisse mengumpan Erik Jenvresik untuk mencetak gol kedua 10 menit kemudian.

Pemain tengah asal Kongo Cedrik Makiadi memastikan kemenangan menjelang waktu satu jam, memanfaatkan pertahanan yang lemah dengan gol sejauh 15 yard.

Pada pertandingan lain pada hari yang sama Nuremberg menang 1-0 di kandang melawan Augsburg, salah satu dari tiga tim dalam divisi tersebut -- bersama Kaiserslautern dan Hamburg -- masih mengejar kemenangan pertama.

Pertandingan pada Jumat, tim yang mendapat promosi Berlin mencatat kemenangan pertama mereka musim ini dengan mengalahkan Stuttgart 1-0. (ANT/F005)    

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011