Bandung (ANTARA) - Bandara Husein Sastranegara meminta calon penumpang untuk mengisi electronic-Health Alert Card (e-HAC) di aplikasi PeduliLindungi sebelum datang ke bandara.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Cin Asmoro mengatakan hal tersebut diperlukan guna mengantisipasi antrean calon penumpang di koridor keberangkatan setelah adanya aturan baru dari pemerintah pusat soal perjalanan domestik.

"Kita juga dari media sosial atau dari media elektronik, menyampaikan untuk mempersiapkan apa saja yang menjadi persyaratan. Jadi sampai di bandara itu calon penumpang itu sudah siapkan itu," kata Cin Asmoro di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Adapun pemerintah pusat menerbitkan aturan baru yang mengubah skema pengisian e-HAC yang sebelumnya dilakukan penumpang di bandara kedatangan, menjadi di bandara keberangkatan.

Baca juga: Husein Sastranegara masih layak jadi bandara internasional

Aturan itu diterapkan guna mengantisipasi antrean penumpang di bandara kedatangan. Namun menurut Cin Asmoro, jika penumpang kini mengisi e-HAC sebelum datang ke bandara keberangkatan, maka antrean penumpang dapat terminimalisir.

Menurutnya di hari pertama penerapan e-HAC di bandara keberangkatan ini belum tampak adanya antrean penumpang di Bandara Husein Sastranegara dan masih dalam situasi yang terkendali.

Pasalnya, kata dia, kini jumlah perjalanan pun terbilang sedikit dibanding hari-hari biasanya. Salah satu faktornya, kata dia, penerbangan menuju Denpasar, Bali, dihentikan sementara seiring dengan adanya Hari Raya Nyepi.

"Informasi dari petugas yang berdinas, sekarang lancar saja ya karena kebetulan hari ini jumlah penerbangan kan landai," kata dia.

Baca juga: Bandara Husein Sastranegara operasikan 6 rute penerbangan pesawat jet

Meski demikian, menurutnya pihaknya juga tetap mengantisipasi antrean penumpang akibat kebijakan tersebut untuk hari-hari ke depannya, termasuk akhir pekan yang berpotensi meningkatkan perjalanan domestik.

"Dengan adanya libur panjang nanti atau akhir pekan, kami kolaborasi dan koordinasi dengan Avsec (Aviation Security), KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) dan petugas maskapai, dan juga koordinasi dengan Lanud juga ya," katanya.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022