Detroit, (ANTARA News) - Nissan Motor Co merencanakan mengurangi 110 karyawan "kerah putih" dan menutup studio desain di wilayah Detroit di AS, kata produsen otomotif itu, Selasa.

Seperti dilaporkan Reuters, produsen otomotif Jepang juga mnegatakan, perseroannya akan menutup empat kantor penjualan regional di AS dan mengkosolidasikan operasi desain AS dengan studio yang ada di San Diego.

Kantor penjualan Nissan yang kaan ditutup adalah di Herndon, Virginia; Pleasanton, California; Aurora, Illinois; dan Atlanta.

Studio desain Nissan di Farmington Hills, Michigan juga akan ditutup.

Sedangkan pusat riset dan pengembangan Nissan tidak terkena dampak tindakan itu, kata jurubicara perseroan Katherine Zachary.

Zachary mengatakan Nissan memperkirakan pekerjaan desain dengan jumlah tidak sampai 10 pekerjaan akan dipangkas sebagai bagian perubahan. Sebagian lain pemangkasan pekerjaan akan diterapkan di bagian operasi pemasaran dan penjualan.

Penjualan Nissan dan merek Infiniti di AS turun 11 persen pada 2008, penurunan yang lebih kecil dibandingkan penurunan 18 persen dari pasar mobil dan truk di AS secara keseluruhan.(*)    

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009