Kita ada 10 (homestay) yang dibangun tetapi belum ada toilet (kloset duduk). Oleh karena itu saya minta dalam 45 menit dan sudah saya siapkan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan bantuan 10 kloset duduk untuk homestay saat berkunjung ke Desa Wisata Muara Jambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi.

Sandiaga menyatakan bantuan ini diberikan setelah dirinya menerima informasi dari salah satu pengelola bahwa desa wisata ini tidak memiliki kloset duduk.

"Kita ada 10 (homestay) yang dibangun tetapi belum ada toilet (kloset duduk). Oleh karena itu saya minta dalam 45 menit dan sudah saya siapkan," ujar Sandiaga dalam pernyataan di Jakarta, Kamis.

Sandiaga mengharapkan bantuan ini dapat membantu perekonomian di desa wisata tersebut serta mendukung perbaikan kinerja perekonomian di daerah maupun nasional secara keseluruhan.

"Kami bergerak cepat karena kami ingin perekonomian segera bangkit dan memastikan bahwa desa wisata ini tembus 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan itu, salah seorang pengelola, Wawan mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga dan berjanji pemberian 10 kloset duduk itu akan menambah semangatnya mengelola Desa Wisata Muara Jambi.

"Dengan kedatangan Pak menteri ini, saya dan teman-teman semuanya semakin semangat lagi dalam mengembangkan Desa Wisata Muara Jambi menuju wisata yang berkualitas untuk masa depan," katanya.

Sekedar informasi, kebutuhan kloset duduk di Desa Wisata Muara Jambi sangat penting. Sebab, banyak kegiatan Internasional yang kerap digelar di desa tersebut dan wisatawan yang datang pun berasal dari mancanegara.

Meski saat ini terdapat 10 rumah warga yang dijadikan sebagai homestay di Desa Muara Jambi, tetapi belum ada satu pun rumah singgah yang menyediakan kloset duduk.

Baca juga: Sandiaga: Tren pariwisata bergeser ke arah digital
Baca juga: Rekomendasi desa wisata saat berkunjung ke Mandalika
Baca juga: Kemenparekraf dan OYO kolaborasi digitalisasi desa wisata

Pewarta: Satyagraha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022