Kami tidak melihat adanya kenaikan radiasi di fasilitas tersebut
Washington (ANTARA) - Reaktor nuklir di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di Ukraina terlindungi oleh struktur penahan yang kuat dan reaktor itu "sedang dimatikan secara aman", kata Menteri Energi Amerika Serikat Jennifer Granholm, Kamis (4/3) waktu setempat.

Dia mengatakan di Twitter dirinya telah berbicara dengan menteri energi Ukraina tentang kondisi PLTN yang terbakar saat terjadi pertempuran antara tentara Rusia dan Ukraina.

"Kami tidak melihat adanya kenaikan radiasi di fasilitas tersebut," kata Granholm.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden telah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk mendapatkan informasi terkini tentang kebakaran di PLTN itu, kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Biden bersama Zelenskiy "mendesak Rusia untuk menghentikan aktivitas militernya di kawasan itu dan mengizinkan petugas pemadam dan layanan darurat untuk mengakses tempat tersebut," kata pernyataan tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: PLTN Ukraina terbakar, media Rusia sebut radiasi nuklir aman
Baca juga: Ukraina: Pertempuran pecah di pembangkit listrik nuklir terbesar EropaBaca juga: IAEA: Reaktor tenaga nuklir Ukraina beroperasi dengan aman

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022