Indonesia diakui memiliki anggota Pramuka terbesar di dunia
Jakarta (ANTARA) - Komite Pramuka Asia Pasifik menunjuk eks Ketua Komite Pramuka Asia Pasifik Ahmad Rusdi untuk menjadi Konsultan Komite Pramuka Asia Pasifik selama periode 2022-2025.

"Saya menerima ajakan tersebut untuk kemajuan Pramuka di Asia Pasifik dan Indonesia karena kepercayaan ini menunjukkan kedekatan yang telah kami galang selama ini dan Indonesia diakui sebagai negara yang memiliki anggota Pramuka terbesar di dunia," kata Rusdi melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

Rusdi pun telah melaporkan penunjukannya tersebut kepada Ketua Kwarnas Budi Waseso dan Sekjen Kwarnas Bachtiar Utomo.

Baca juga: Brata Tryana Hardjosubroto terpilih jadi Komite Pramuka Asia-Pasifik

Baca juga: Komite Kepanduan Asia Pasifik apresiasi Pramuka Indonesia


Menurutnya, kedua pimpinan Kwarnas menyambut baik kepercayaan yang diberikan Komite APR kepada Rusdi yang saat ini menjadi Wakil Ketua Kwarnas/ Ketua Komisi Kerja Sama Luar Negeri.

Direktur Regional Asia-Pacific Regional (APR) J.Rizal C. Pangillinan mengatakan Komite Pramuka Asia Pasifik mengakui pengalaman dan pengabdian yang luas dari Rusdi selama menjadi anggota dan Ketua Komite APR serta keterlibatan langsung dalam kegiatan kepramukaan di Indonesia.

"Komite yakin hal itu akan menerima keterlibatan anda dalam komite, masukan berharga untuk penguatan lebih lanjut dari kepanduan di Asia Pasifik dan dalam musyawarah komite pada khususnya. Dengan segala hormat, kami menantikan persetujuan Anda," ujar Rizal Pangillinan dalam suratnya yang dikirim 3 Maret 2022.

Dalam Konferensi Pramuka Asia-Pasifik pada 15-21 Februari 2022 di Manila pekan lalu, Sekretaris Jenderal World Organization of the Scout Movement (WOSM), Ahmad Alhendawi mengapresiasi capaian Rusdi sebagai Ketua Komite APR.

Menurutnya, Rusdi berhasil menjembatani dan aktif menjalin hubungan antara sesama National Scout Organization di Kawasan Asia Pasifik, khususnya Gerakan Pramuka.

Baca juga: Pelatih pembina Pramuka jadi Subkomite Kepramukaan Asia Pasifik

Baca juga: Presiden Jokowi berpesan Pramuka harus jadi pelopor disiplin prokes

 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022