Jenewa (ANTARA News) - Air Perancis-KLM, British Airways dan Lufthansa adalah maskapai penerbangan teraman di Eropa, menurut sebuah penelitian pemeringkatan "sepuluh maskapai penerbangan paling aman" oleh Lembaga Pemeringkat Transportasi Udara (Air Transport Rating Agency/ATRA) yang dirilis Senin.

Maskapai penerbangan teraman yang berbasis di AS adalah AMR Corporation, Continental Airlines, Delta Airlines, Southwest Airlines, United Airlines dan US Airways, sedangkan yang paling aman dari Asia adalah Japan Airlines, katanya, tanpa memberikan peringkat dalam sepuluh teratas, lapor AFP.

Untuk mendapatkan klasifikasi ini, yang pertama dari jenisnya, ATRA memeriksa ketersediaan informasi publik pada 15 kriteria, seperti usia rata-rata pesawat yang digunakan atau homogenitas armada, katanya.

Lembaga ini menjelaskan bahwa untuk memahami keamanan penerbangan, salah satu yang dibutuhkan tidak hanya untuk melihat angka kecelakaan, tetapi juga elemen-elemen "teknis, manusia, organisasi dan eksternal".

"Meskipun Uni Eropa menerbitkan sebuah `daftar hitam` maskapai penerbangan yang berbahaya, ada perbedaan nyata dalam keselamatan antara perusahaan-perusahaan maskapai lain," tambah ATRA. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011