New York (ANTARA News) - Pasar saham AS "rally" pada Senin waktu setempat (Selasa pagi WIB) karena kenaikan data belanja atau pengeluaran konsumen mengangkat harapan bahwa pertumbuhan ekonomi akan melaju cepat, sementara Badai Irene menyebabkan kerusakan kurang dari yang dikhawatirkan.

Dow Jones Industrial Average naik 254,71 poin (2,26 persen) menjadi ditutup pada 11.539,25.

S&P 500 yang lebih luas naik 33,28 poin (2,83 persen) menjadi 1.210,08, sementara indeks komposit Nasdaq terangkat 82,26 poin (3,32 persen) menjadi 2.562,11.

Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa belanja konsumen, pilar dari ekonomi terbesar dunia itu, "rebound" (berbalik naik) 0,8 persen pada Juli, setelah merosot 0,1 persen pada Juni.

"Konsumen masih mengeluarkan belanja mereka, yang menetapkan suasana yang sangat bagus untuk kuartal ketiga," kata Lindsey Piegza, analis FTN Financial, lapor AFP.

Dia menambahkan: "Kami memiliki skenario yang jauh lebih baik dari perkiraan dalam hal badai yang melanda Pantai Timur. Ada kerusakan minimum, kita sudah melihat puing-puing menjauh dan transportasi kembali mendukung dan berjalan."

Investor juga mendapat dosis berita positif tak terduga dari Eropa, di mana krisis utang pemerintah telah membebani sentimen pasar.

Dua bank Yunani, Alfa Bank dan Eurobank, mengumumkan bahwa mereka bergabung dan menerima investasi yang cukup besar Qatar, bit pertama kabar baik dari sektor perbankan Yunani untuk beberapa waktu.

Saham keuangan menguat. Bank of America melonjak 8,1 persen setelah mengatakan bahwa mereka akan menjual setengah dari sahamnya di China Construction Bank untuk sekitar 8,3 miliar dolar AS, sebuah langkah yang akan membantu BoA menopang basis modal dan mengurangi kekhawatiran investor tentang kesehatan.

Citgroup naik 4,9 persen, sementara JPMorgan Chase naik 4,0 persen dan Goldman Sachs naik 3,9 persen.

Raksasa asuransi Travelers menutup hari dengan keuntungan 5,1 persen karena surutnya ketakutan kerusakan bernilai miliaran dolar dari Irene akan membebani neraca perusahaan asuransi tersebut.

Saham maskapai penerbangan juga melonjak. American Airlines naik 8,6 persen, Delta Air Lines naik 5,3 persen dan Amerika Continental naik 3,7 persen.

Pekan lalu, beberapa perusahaan penilai risiko meramalkan bahwa Irene akan menyebabkan hingga 20 miliar dolar AS pada kerusakan total di Amerika Serikat, tetapi pada Senin perusahaan-perusahaan yang sama menempatkan taksiran itu pada sekitar tujuh miliar dolar AS.

Amazon naik 3,6 persen setelah perusahaan riset teknologi Forrester memperkirakan penjualan yang kuat untuk komputer table tperusahaan yang akan datang dan menjelaskan pihaknya sebagai pesaing yang tangguh untuk iPad Apple.

Harga obligasi merosot. Imbah hasil pada obligasi Treasury 10-tahun naik 2,27 persen dari 2,19 persen pada Jumat, sementara pada obligasi 30-tahun meningkat menjadi 3,62 persen dari 3,53 persen.

Harga dan imbal hasil obligasi bergerak dalam arah berlawanan. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011