Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Hukum dan HAM Yusrill Ihza Mahendra merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1432 H hari ini. Yusril dan keluarga melaksanakan shalat Ied di Mesjid Al Azhar, Jakarta Selatan.

"Saya merayakan Idul Fitri hari ini. Karena saya memiliki keyakinan bahwa 1 Syawal 1432 H adalah hari ini, tanggal 30 Agustus 2011," kata Yusril kepada antaranews.com di Jakarta, Selasa.

Ia menegaskan, dirinya meyakini bahwa 1 Syawal 1432 H bukan karena dirinya adalah pengikut Muhammadiyah yang juga melaksanakan Idul Fitri hari ini.

"Saya bukan pengikut Muhammadiyah, saya yakin karena bulan sudah kelihatan walaupun berapa derajat dan itu artinya sudah tanggal baru. Kalau nanti sore melihat bulan, sama artinya orang menganggap sudah tanggal 2 Syawal," kata Yusril.

Meskipun bukan pengikut Muhammadiyah, tapi dirinya pernah menjadi pengurus PP Muhammadiyah.

"Sehingga saya sedikit banyak paham soal itu meskipun bukan pengikut murni Muhammadiyah," ujarnya.

Rencananya, Yusril akan menggelar open house di kediamannya, Jalan Karang Asem Utara 32, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa melalui adiknya Achmad Hafisz Tohir mengatakan, Hatta Rajasa akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1432 besok.

"Apa boleh buat, (meski pengikut Muhammadiyah) kan sudah ada dalil-dalil kuat tentang harus ikut pemerintah sesuai dengan hadits riwayat para sahabat sebelum-sebelumnya (ulil amri), jadi kita wajib mengikuti Umaroh (pemimpin)," kata Hafisz.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011