"Dengan saya pasang Christo dengan Rifqi, Rifqi harus main partai keempat jadi itu jarak cuman 30 menit
Jakarta (ANTARA) - Tim Indonesia mengatur strategi menghadapi Venezuela untuk pertandingan hari kedua laga Playoff Grup II Piala Davis, dengan tunggal kedua Christopher Rungkat akan disiapkan untuk turun di pertandingan ganda.

Non-playing captain Merah Putih, Febi Widhiyanto, mengatakan akan memasang tim terbaik untuk ganda mengingat saat ini tim Indonesia telah unggul 2-0 atas Venezuela, sehingga pertandingan tersebut bisa jadi kunci untuk mendominasi laga "hidup-mati" tersebut.

"Alhamdulillah hari ini 2-0, mudah-mudahan besok partai pertama ganda kita bisa memenangkan pertandingan. Cuman yang saya lihat kita masih harus memasang tim yang terbaik di dobel, yaitu pasti kita pasang Christo tapi kita enggak tahu berpasangan dengan siapa," ujar Febi ditemui usai pertandingan hari pertama di Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Christopher Rungkat bawa tim Davis Indonesia unggul 2-0 dari Venezuela

Menurut laman resmi Piala Davis, saat ini Indonesia menempati peringkat 65 dunia, sementara Venezuela berada di urutan 57 dunia.

Pertandingan tersebut menjadi penentu skuad Merah Putih bertahan di Grup Dunia II atau terdegradasi ke Grup III dalam kejuaraan tenis beregu putra paling bergengsi di dunia itu.

"Memang secara kualitas kita hampir mirip sama Venezuela, cuman memang permainan kita ga pernah tahu sapa yang menang karena memang itu tergantung kesiapan kita masing-masing," kata Febi.

Berdasarkan undian yang telah dilakukan pada Kamis, pasangan ganda Muhammad Althaf Dhaifullah/Achad Imam Ma'ruf akan menghadapi Luis David Martinez/Jordi Munoz-Abreu.

Pada pertandingan selanjutnya untuk partai tunggal, M. Rifqi Fitriadi dijadwalkan berhadapan dengan Luis David Martinez, dan Christo akan menghadapi Francisco Lamas Villarroel.

Baca juga: Rifqi Fitriadi gondol poin pertama untuk Indonesia di Piala Davis

Namun, Febi melempar opsi untuk Christo bermain di partai ganda untuk berpasangan dengan Rifqi.

"Dengan saya pasang Christo dengan Rifqi, Rifqi harus main partai keempat jadi itu jarak cuman 30 menit. Nanti kita lihat kondisinya seperti apa, dan nanti malam kita akan bicarakan dengan tim, tapi mudah-mudahan besok bisa memberikan yang terbaik di Davis Cup," tutur Febi.

Sementara itu, Christo, yang belakangan fokus bermain dalam nomor ganda, mengatakan siap jika harus turun pada partai tunggal maupun ganda.

"Sampai hari ini saya merasa sehat, merasa enggak ada kendala dengan tubuh saya. Tadi main single juga saya merasa healthy dengan tubuh saya dan jadi kalau pun saya diberi kesempatan untuk main dua kali saya siap buat main dua kali," kata Christo.

Pada hari pertama Rifqi berhasil menggondol poin pertama untuk tim Davis Indonesia usai mengalahkan tunggal kedua Venezuela Francisco Lamas Villarroel 6-3, 6-4 pada pertandingan pembuka laga.

Selanjutnya, Christo berhasil membawa tim Piala Davis Indonesia unggul 2-0 dari Venezuela setelah menang 7-6(4) 6-1 atas tunggal pertama Venezuela, Luis David Martinez.

Baca juga: Kalah peringkat dari Venezuela, tim Davis Indonesia optimistis menang
Baca juga: Rifqi Fitriadi jadi pembuka laga Piala Davis Indonesia lawan Venezuela

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022