Jakarta (ANTARA News) - Obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur pada hari pertama lebaran dibanjiri sekurang-kurangnya 20.000 pengunjung.

"Kami memperkirakan sampai sore nanti jumlah pengunjung akan mencapai 20.000 orang dalam sehari ini," kata Manajer Informasi TMII, J. Purnawiyaja Alibasa, di Jakarta, Rabu.

Purnawijaya Alibasa mengatakan, dalam dua hari terakhir ini obyek wisata berbasis budaya nusantara itu telah dibanjiri pengunjung yang sebagian besar berasal dari Jabodetabek.

Pada Selasa (30/8) sebanyak 10 ribu pengunjung memadati obyek wisata seluas 160 ha itu.

"Hari ini pengunjung semakin meningkat, masuk dari pintu utama, pintu 2, dan pintu 3," katanya.

Pihaknya memperkirakan selama musim libur lebaran yakni pada 30 Agustus-11 September 2011 jumlah pengunjung yang akan memadati TMII akan mencapai 300.000 orang.

"Jumlah pengunjung terbanyak kami perkirakan akan terjadi pada Jumat (2/9) sampai akhir pekan ini," katanya.

Tahun lalu, membludaknya jumlah pengunjung terjadi pada H+1 hingga H+3 lebaran di mana jumlah pengunjung tertinggi pada masa puncak libur lebaran mencapai 100 ribu orang perhari.

Purnawijaya menambahkan, untuk mengantisipasi hal itu termasuk memastikan jaminan keamanan maka pihaknya menambah jumlah regu pengamanan sebanyak dua Satuan Setingkat Kompi (SSK atau sekitar 200 orang Satpam).

Pihaknya juga menggandeng aparat keamanan mulai dari Polsek Cipayung, Polsek Makasar, Polres Jakarta Timur, dan Polda Metro Jaya, serta bantuan pengamanan dari TNI.

"Target kami "zero crime"(nihil kejahatan, red) dan kami bersyukur sampai sejauh ini tidak ada kejadian yang mengganggu keamanan pengunjung," katanya.

TMII juga menyiapkan berbagai program kegiatan selama musim libur lebaran, kata Purnawijaya.

Pihaknya memilih tema "Lebaran di TMII serasa Pulang Kampung" untuk rangkaian acara yang digelar menyambut libur lebaran tahun ini.

"Pada pekan lebaran TMII, pengunjung dapat menikmati wahana-wahana di samping beragam kesenian tradisional dari berbagai daerah di anjungan dan panggung kesenian," katanya.

Sejumlah kesenian yang dipergelarkan di antaranya parade tari nusantara, atraksi kesenian rakyat, musik sambrah Betawi dan Gambus, opera legenda keong emas, opera malam takbir, nada dan dakwah bersama Soneta Fans Club, hingga pameran aneka kerajinan rakyat.

"Tiket masuk ke TMII masih tetap Rp10 ribu untuk dewasa," demikian J. Purnawijaya Alibasa. (H016)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011