Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Jumat (4/3), mulai dari pemerintah berkomitmen mempercepat pembayaran ganti rugi warga Desa Wadas hingga Presiden Joko Widodo melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Tahun 2021.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Moeldoko: Pembayaran ganti rugi Wadas tuntas sebelum lebaran

Pemerintah berkomitmen mempercepat pembayaran ganti rugi warga Desa Wadas, terkait pembangunan Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, sehingga diharapkan tuntas sebelum Lebaran Tahun 2022, kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Jakarta, Jumat (4/3).

"Pembayaran ganti rugi tanah kepada masyarakat Wadas ini harus rampung sebelum lebaran. Deputi I Kantor Staf Presiden akan saya tugaskan untuk turut mengawal dan memonitor proses ini,” kata Moeldoko.

Selengkapnya baca di sini.

Kasau sebut konflik Rusia-Ukraina berpengaruh pada alutsista TNI AU

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyebutkan konflik Rusia-Ukraina berpengaruh terhadap alat utama sistem persenjataan (Alutsista) Indonesia yang dibeli dari Rusia.

"Tentunya sedikit banyak akan memengaruhi tidak saja peralatan dari sana. Saya rasa seluruh dunia sedang mencermati, sedikit banyak pasti ada perubahan-perubahan," kata Kasau usai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU Tahun 2022, di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (4/3).

Selengkapnya baca di sini.

Kepala BIN: Pembangunan IKN upaya akselerasi transformasi sosial

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn.) Budi Gunawan mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) merupakan upaya akselerasi transformasi sosial menuju terciptanya masyarakat yang berperadaban tinggi dan maju.

"Target sosiokultural ini bukti pembangunan IKN Nusantara bukan semata persoalan pembangunan sarana, prasarana, atau infrastruktur," kata Budi Gunawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (4/3).

Selengkapnya baca di sini.

INDEF: Perang Rusia-Ukraina berdampak tak langsung pada Indonesia

Peneliti Ekonomi Makro dan Keuangan INDEF Riza Annisa Pujarama menyampaikan perang antara Rusia dan Ukraina secara tidak langsung dapat memengaruhi perekonomian Indonesia terutama pada sektor ekspor dan impor.

Alasannya, Rusia, Ukraina, dan Indonesia punya mitra dagang yang sama, yaitu China.

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi laporkan SPT Pajak Tahun 2021 melalui "e-filing"

Presiden Joko Widodo melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Tahun 2021 secara daring dengan mengisi formulir e-filing dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (4/3).

Dalam keterangannya, yang disaksikan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat (4/3), Presiden mengatakan pelaporan SPT pajak melalui e-filing sangat mudah dilakukan.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022