Jakarta (ANTARA) - Campaign Manager of Waste4Change Saka Dwi Hanggara mengatakan bahwa Indonesia menghadapi 185 ribu ton sampah setiap harinya, dan hanya sedikit yang dikelola dengan baik.

"Kalau dianalogikan, 185 ribu ton sampah per hari sama seperti lima Candi Borobudur. Artinya kalau kita tidur, besok paginya kita harus siap menghadapi tumpukan sampah sebesar lima kali Candi Borobudur," ujar Saka dalam jumpa pers virtual, Jumat.

Dari 185 ribu ton sampah tersebut sekitar 60 persen merupakan sampah organik, dan 14 persen merupakan sampah plastik.

Meskipun sebanyak 69 persen sampah berujung di tempat pembuangan akhir, Saka mengatakan hanya sedikit sampah yang dikelola dengan baik dan dapat didaur ulang.

Baca juga: Eiger mulai fokus kembangkan produk "sustainable"

Mengutip data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Saka mengatakan bahwa total sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 juta ton.

"Dari jumlah itu, sebanyak 17 persen, atau sekitar 11,6 juta ton, disumbang oleh sampah plastik termasuk di antaranya wadah kosmetik dan perawatan kulit, dan bubble wrap," jelas Saka.

Saka menambahkan bahwa Indonesia memiliki target dan cita-cita untuk bebas dari zonasi sampah di 2025.

"Artinya, 30 persen sampah bisa dikurangi dari sumbernya, dan 70 persen sampah yang dihasilkan bisa didaur ulang atau dikelola dengan baik, sehingga bebas dari zonasi sampah," jelas Saka.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022