Jakarta (ANTARA/JACX) – Invasi Rusia terhadap Ukraina sejak 24 Februari 2022 masih menghiasi pemberitaan media-media internasional, termasuk perbincangan warganet dunia di media sosial.

Kecaman maupun dukungan, baik yang ditujukan kepada Rusia atau Ukraina, seakan tanpa henti beredar dalam unggahan-unggahan akun-akun media sosial.

Salah satunya, adalah unggahan di Twitter pada 25 Februari 2022, berupa klaim Presiden Rusia Vladimir Putin yang secara spesifik menyerukan kepada Indonesia agar tidak ikut campur dalam urusan Rusia dan Ukraina.

Putin, sebagaimana tampak pada unggahan itu, seakan memberikan pernyataan agar Pemerintah Indonesia mengurus urusan dalam negeri saja, seperti minyak goreng dan BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut narasi yang pada unggahan yang disukai lebih dari 1000 pengguna Twitter dan diunggah ulang hingga 200 kali itu:
"Terkait konflik Rusia dan Ukraina, Presiden Putin juga mengingatkan ke Pemerintah Indonesia agar tak usah ikut campur, katanya urus saja dulu masalah minyak goreng dan BPJS Ketenagakerjaan,Terima Kasih."

Namun, benarkah Putin secara spesifik mengatakan agar Indonesia tidak ikut campur dalam konflik Rusia-Ukraina?
 
Unggahan hoaks yang menampilkan tangkapan layar Presiden Rusia Vladimir Putin dan keterangan agar Indonesia tidak ikut campur tangan. (Twitter)


Penjelasan:
Potongan foto Presiden Rusia seperti terlihat pada unggahan akun Twitter itu merupakan cuplikan video yang dipublikasikan akun YouTube 24 dengan judul "SEGERA! Putin menoleh ke Rusia. Video lengkap banding - Russia 24".

Dalam pidato yang disiarkan stasiun televisi Rusia itu, Putin memang mengeluarkan peringatan kepada setiap negara lain yang mencoba mengganggu tindakan Rusia terhadap Ukraina terkait operasi militer di wilayah Donbass Ukraina.

Putin menyebut negara-negara yang ikut campur terhadap aksi Rusia di Ukraina akan menerima "konsekuensi yang belum pernah mereka lihat."

Namun, peringatan itu tidak secara spesifik ditujukan kepada Indonesia, apalagi dengan menambahkan Indonesia urus saja minyak goreng dan BPJS Kesehatan.

Indonesia, dalam pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri, meminta Rusia dan Ukraina untuk menghindari eskalasi dan menyelesaikan konflik di meja perundingan.

Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah mengatakan Indonesia mengecam setiap tindakan yang nyata-nyata merupakan pelanggaran wilayah teritorial dan kedaulatan negara.

Klaim: Putin peringatkan Indonesia tidak ikut campur, urus minyak goreng saja
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! TNI bantu militer Ukraina gempur Rusia

Baca juga: INDEF: Perang Rusia-Ukraina berdampak tak langsung pada Indonesia

Baca juga: Peneliti UGM: Perang Rusia-Ukraina ancam keamanan siber global

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022