Surabaya (ANTARA) - Dua orang meninggal dunia akibat kecelakaan bus dengan truk di Jalan Tol Dupak - Tanjung Perak Surabaya yang terjadi pada Sabtu sekitar pukul 11.45 WIB.

Kepala Unit 2 Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur (PJR Ditlantas Polda Jatim) Ajun Komisaris Polisi Sigit Indra menginformasikan kecelakaan terjadi di KM 4.400 Jalan Tol Dupak - Tanjung Perak Surabaya.

"Bus memuat rombongan peziarah asal Palembang, Sumatera Selatan," ujarnya kepada wartawan di lokasi kejadian.

Dia menjelaskan kecelakaan terjadi antara bus nomor polisi D-7610-AT dengan truk "Colt Diesel" nomor polisi W-9948-Z.

Baca juga: Pemkot Jakpus minta usut kecelakaan yang mengakibatkan PJLP meninggal

Menurut AKP Sigit, rombongan peziarah baru saja berziarah dari Makam Sunan Ampel, Surabaya, dan selanjutnya akan menuju ke arah Jombang, Jawa Timur.

"Namun tiba-tiba di KM 4.400 Jalan Tol Dupak - Tanjung Perak Surabaya, seorang peziarah berupaya merebut kendali kemudi dari sopir bus. Sepertinya seorang peziarah yang mengambil alih kemudi ini sedang mengalami depresi," ucap dia.

Sopir bus berupaya mempertahankan kemudi, namun tidak dapat mempertahankannya sehingga arah bus berbalik dan menabrak truk yang melaju dari arah berlawanan.

Akibatnya sopir dan kernet truk meninggal dunia, sementara sopir dan kernet bus mengalami luka berat.

Perwira menengah Polri itu juga menyebut terdapat dua orang lainnya dari rombongan peziarah atau penumpang bus yang mengalami luka berat.

"Jenazah sopir dan kernet truk telah dievakuasi. Sedangkan sejumlah korban yang mengalami luka berat telah dilarikan ke Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHHC) di kawasan Tanjung Perak Surabaya," katanya.

Baca juga: Bus sarat penumpang tertabrak kereta api di Tulungagung

Pewarta: Fiqih Arfani/Hanif Nashrullah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022