Bengkulu (ANTARA News) - Rumah pengasingan Bung Karno di Kelurahan Anggut Atas, Kota Bengkulu, dipadati ribuan pengunjung yang ingin melihat objek wisata sejarah itu.

"Objek wisata ini pada hari Lebaran hingga menjelang akhir Lebaran selalu dipadati pengunjung dengan jumlah berkisar antara 150 hingga 1.000 orang per hari," kata juru pelihara rumah itu, Surgrahanudin, Sabtu.

Hari pertama Lebaran rumah itu dibuka dari pukul 12.00 WIB hingga 17.30 WIB, sedangkan pada hari kedua Lebaran dan seterusnya sejak pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Pengunjung dikenakan tarif Rp2.500 untuk dewasa dan Rp1.500 untuk anak-anak. P

"Pada tahun lalu puncak kedatangan para pengunjung terjadi pada Lebaran ketiga dan keempat, sedangkan tahun ini puncaknya sama namun jumlah pengunjung sedikit berkurang yang mungkin disebabkan waktu liburan lebih pendek," ujarnya.

Di rumah pengasingan Bung Karno tersimpan buku koleksi Bung Karno, sepeda ontel kesayangannya, foto bersama Fatmawati semasa hidupnya, beberapa lembar kostum yang dipakai untuk pertunjukan tonil dan sejumlah perlengkapan rumah tangga. (*)

ANT/B015

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011