Kami memasuki kota Kebumen sekitar pukul 18.00 WIB, dan baru bisa mencapai Gombong sekitar pukul 21.30 WIB, padahal dalam kondisi normal Kebumen-Gombong hanya membutuhkan waktu tempuh 15 hingga 20 menit,"
Kebumen (ANTARA News) - Arus balik kendaraan dari arah timur di jalur selatan Jawa Tengah, di ruas Kebumen-Gombong pada Sabtu malam macet total.

Berdasarkan pantauan, semula kemacetan hanya terjadi di sekitar kota Gombong, namun mulai Sabtu sore antrean kendaraan bertambah panjang hingga mencapai kota Kebumen.

Antrean kendaraan arus balik yang didominasi mobil pribadi itu mulai terjadi di jalur lingkar kota Kebumen. Mulai Pertigaan Kedung Bener arus kendaraan dari arah timur diarahkan lewat jalan lingkar, dan tidak diperkenankan melalui tengah kota Kebumen untuk menghindari penumpukan arus kendaraan di tengah kota.

Sejumlah petugas kepolisian terlihat mengatur arus kendaraan di beberapa titik persimpangan. Di Simpang Lima Kebumen, petugas mengarahkan kendaraan minibus untuk melalui jalur alternatif Adimulyo tembus Guyangan, Sruweng guna menghindari kemacetan.

Kemacetan arus kendaraan tersebut bukan hanya sampai Gombong, tetapi hingga Sumpiuh, perbatasan wilayah Kebumen dengan Banyumas. Kemacetan di jalur itu bersamaan dengan kembalinya warga masyarakat usai berwisata di Gua Jatijajar, dan Pantai Logending.

Hingga sekitar pukul 21.30 WIB kemacetan di jalur Kebumen-Gombong belum bisa terurai, meskipun sebagian kendaraan dialihkan melalui jalur alternatif.

Seorang warga Jakarta yang pulang dari berlebaran di Prembun, Kabupaten Kebumen, Yusuf mengatakan memilih pulang Sabtu agar pada Minggu sampai di Jakarta, dan sempat istirahat sebelum masuk kerja pada Senin.

"Kami memasuki kota Kebumen sekitar pukul 18.00 WIB, dan baru bisa mencapai Gombong sekitar pukul 21.30 WIB, padahal dalam kondisi normal Kebumen-Gombong hanya membutuhkan waktu tempuh 15 hingga 20 menit," katanya.
(H018)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011