Lebak (ANTARA News) - Arus balik pengendara sepeda motor pada H+3 Idul Fitri 1432 H/2011 atau Sabtu (3/9) ramai melintasi jalan di Kota Rangkasbitung menuju arah Cikande Tangerang dan Cipanas Bogor.

Ribuan pengendara sepeda motor ramai melintasi jalan Kota Rangkasbitung menuju arah Cikande dan Bogor, mereka berasal dari wilayah Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Serang untuk kembali bekerja setelah merayakan Lebaran di kampung halamannya.

"Kami prediksikan jumlah sepeda motor yang melintasi Kota Rangkasbitung mencapai 40.000 unit," kata Kepala Pos Pengamanan Simpatik Ipda Sadimun.

Menurut dia, arus balik pengendara sepeda motor berjalan lancar dan tidak menimbulkan kemacetan karena mereka dilarang melintasi jalan tertentu seperti Sunan Kalijaga dan Tirtayasa.

"Mereka yang ingin ke Cikande-Tangerang dan Bogor melintasi jalan Soekarno-Hatta," katanya.

Ia menambahkan, sebagian besar pengendara sepeda motor itu menuju Tangerang dan Bogor karena umumnya mereka bekerja di pabrik dan pertokoan.

"Kami memberikan pengawalan kepada pengendara sepeda motor untuk menghindari kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Ia juga mengharapkan pengendara sepeda motor yang lelah istirahat dulu di posko pemudik sambil memeriksakan kesehatan.

Posko terpadu dari Dinas Kesehatan, kepolisian dan organisasi kemasyarakat membantu pemudik yang kelelahan setelah menempuh jarak jauh.

"Posko ini gratis dan bisa memeriksa kesehatan serta mendapat pengobatan," ujarnya.

Sementara itu, Sarip (35) warga Gunungkencana, Kabupaten Lebak mengaku dirinya bersama istri akan kembali ke Tangerang dengan mengendarai sepeda motor karena Senin (5/9) sudah masuk kerja.

"Kami hati-hati dalam perjalanan karena membawa anak kecil untuk menghindari kecelakaan," katanya.  (MSR/E005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011