Bogor (ANTARA News) - Arus lalu lintas di kawasan Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu pagi masih ramai lancar.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kabupaten Bogor, AKP Syarif Zainal Abidin menyebutkan, arus lalu lintas dari arah Cianjur menuju Bogor relatif lancar tidak seperti hari-hari kemarin.

"Sementara arus dari arah Pasir Muncang menuju Jakarta relatif ramai, terjadi kelambatan laju kendaraan dengan "ekor" hingga simpang Gadog," katanya saat dihubungi, Minggu pagi.

Ia menyebutkan, hambatan disebabkan oleh penyempitan jalan di kawasan Pasir Muncang.

Menurut dia , arus lalu lintas pagi ini lebih di dominasi oleh kendaraan pribadi dan pariwisata yang ingin berwisata di kawasan Puncak. Arus balik pemudik sepeda motor belum terlihat peningkatannya.

"Diprediksikan, puncak arus balik terjadi siang nanti, di mana jam keluar hotel wisatawan ditambah dengan arus balik pemudik sepeda motor," katanya.

Untuk mengantisipasi kemacetan, ia melakukan persiapan dengan menambah kekuatan personel di lapangan untuk mengatur arus lalu lintas.

"Kita juga memberlakukan sistem satu arah, dengan memprioritaskan arus dari arah Puncak menuju Jakarta," katanya.

Sementara itu, dari pantauan TMC Pos Polisi Simpang Gadog, arus lalu lintas pada pukul 07.25 WIB terpantau lancar. Seiring bertambahnya volume kendaraan terutama dari arah Jakarta sementara terjadi penyempitan jalan di Kawasan Pasir Muncang menyebabkan arus berjalan lambat.

Antrean kendaraan terlihat mulai dari Pasir Muncang dengan "ekor" hingga Simpang Gadog.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011