Venisia , Italia (ANTARA News) - Aktor veteran Hollywood Al Pacino diganjar penghargaan pada  festival film Venice pada Minggu (4/8) waktu setempat atas proyek penyutradaraannya untuk film "Wilde Salome".

Bintang yang menjadi pusat perhatian festival, seperti George Clooney, Gwyneth Paltrow dan Madonna yang berlenggok di karpet merah tahun ini, diruntuhkan oleh pesona Pacino.

Pacino mengundang banyak decak kagum dari para penggemar dan pemburu tanda tangan di Pulau Lido itu. Ia menerima penghargaan Jaeger Lecoultre Glory hingga penghargaan pembuat film pada sebuah acara penghargaan.

Wilde Salome merupakan bagian dari film dokumenter mengenai kisah penulis Irlandia dan puisi Oscar Wilde yang bermain sebagai "Slome" yang diperankan oleh bintang yang sedang bersinar Jessica Chastain.

Pacino, dengan raihan delapan nominasi Oscar mengaku sedikit bingung mengenai jenis film apa yang telah ia buat.

"Saya kira apa yang saya lakukan adalah .... membuat sebuah cerita," kata Pacino kepada para wartawan di Venisia setelah film itu disajikan kepada pers.

"Saya tidak tahu jenis film apa ini. Saya senang menyebutnya sebuah dokumenter karena itu bukanlah sebuah film, tetapi kemudian ini juga bukan dokumenter, sehingga saya bingung juga," katanya.

"Seiring dengan cepatnya saya membuat film sendiri, saya menjadi lebih mudah menjadi seorang sutradara," katanya menjelaskan.

"Pada awalnya, saya menemui kesulitan. Saya tak tahu apa yang dibutuhkan seorang sutradara. Sekali saya mulai, keajaiban dari film itu hadir dalam hidup saya."

Pacino mengatakan Wilde yang mengidap homoseksualitas dipenghujung abad ke 19 itu, merupakan subjek yang menarik.

"Kita tak tahu bahwa ia telah .... menjadi seorang pemikir yang sangat liberal dan lebih dari itu ia seorang yang visioner  dengan menginginkan agar masyarakat menjadi lebih manusiawi," katanya.
(yud)

 

 

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011