Kami tidak akan memperjuangkan permohonan itu ke NATO,
Kiev (ANTARA) - Negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tidak siap membahas bergabungnya Ukraina ke organisasi tersebut dan Kiev, sementara itu, siap menggelar diskusi terkait "beberapa model non-NATO," demikian dilaporkan Fox News pada Minggu (6/3).

"Respons yang kami peroleh dari negara-negara anggota NATO adalah mereka bahkan tidak siap untuk membahas bergabungnya kami ke NATO, tidak untuk jangka waktu terdekat dalam lima atau sepuluh tahun mendatang," kata  David Arakhamia, anggota tim Ukraina untuk perundingan dengan Rusia, kepada Fox News.

"Kami tidak akan memperjuangkan permohonan ke NATO, kami akan memperjuangkan hasilnya, namun tidak untuk prosesnya," ujarnya. 

"Kami siap membahas beberapa model non-NATO ... Kami terbuka untuk membahas hal-hal semacam itu dalam lingkup yang lebih luas, tidak hanya dalam pembicaraan bilateral dengan Rusia, tetapi juga dengan mitra-mitra lainnya," kata Arakhamia.

Ukraina dan Rusia telah menggelar dua putaran perundinganm, yaitu pada 28 Februari dan 3 Maret. Kedua pihak diperkirakan akan mengadakan perundingan putaran ketiga pada Senin (7/3).  
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022