Rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional juga harus terus didorong dan juga perumusan rencana induk ekonomi kreatif
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melantik empat pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan kementeriannya.

Empat pejabat tersebut adalah Deputi Bidang Kebijakan Strategis Nia Niscaya, Deputi Bidang Industri dan Investasi Henky Hotma Parlindungan Manurung, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi R Kurleni Ukar, dan Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Fadjar Hutomo.

"Melalui peran Bapak dan Ibu masing-masing, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kerja, dedikasi, dan juga loyalitas, sehingga kinerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat meningkat," kata Menparekraf di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, sebagaimana dikutip dari keterangan pers di Jakarta, Senin.

Pelantikan pejabat ini merupakan bagian dari upaya Kemenparekraf menyikapi perubahan dinamika organisasi yang terjadi secara internal maupun eksternal, sehingga organisasi dapat terus berkembang menjadi entitas yang lebih baik sesuai harapan dan tuntutan masyarakat.

Lebih lanjut, ia memberikan pesan kepada Deputi Bidang Kebijakan Strategis agar segera melaksanakan percepatan perumusan kebijakan dan manajemen strategis, serta sinkronisasi regulasi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

"Rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional juga harus terus didorong dan juga perumusan rencana induk ekonomi kreatif," ujarnya.

Selain itu, evaluasi terhadap pelaksanaan semboyan gercep, geber, gaspol (3G) perlu ditingkatkan.

Kemudian, Sandiaga menyampaikan pesan kepada Deputi Bidang Industri dan Investasi terkait pentingnya menarik investasi sebanyak-banyaknya dari dalam negeri maupun luar negeri untuk berinvestasi di sektor parekraf.

Dia juga meminta Deputi Henky Hotma memperbaiki proses pemberian bantuan kepada pelaku parekraf, mempercepat langkah strategis untuk berkolaborasi, dan memberikan fasilitas kepada para pemangku kepentingan di industri parekraf.

Selanjutnya, Menparekraf mengingatkan Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi dan Birokrasi bahwa reformasi birokrasi merupakan pilar penentu keberhasilan tercapainya visi pemerintah. Dengan itu, Kemenparekraf menjadi wilayah bebas korupsi.

Tugas lainnya dari Kurleni Ukar, lanjut dia, yaitu merekomendasikan tata kelola pemerintah yang bersih, pelayanan publik yang optimal, dan sumber daya manusia yang profesional.

Terakhir, Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis diharapkan dapat merancang rekomendasi lebih konkret terkait pemulihan parekraf di masa pandemi COVID-19.

"Serta, rekomendasi mengenai mitigasi krisis mengingat destinasi parekraf menghadapi berbagai tantangan atau krisis seperti bencana alam dan non-alam, perubahan iklim, dan persoalan ekologi," ujar Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Uno sambut baik kembalinya kebijakan visa on arrival di Bali
Baca juga: Sandiaga: 60 ribu tiket telah terjual pada puncak perlombaan MotoGP
Baca juga: Sandiaga harap karya sineas daerah jadi kebanggaan perfilman nasional


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022