Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat mengusulkan kepada PD Pasar Jaya agar Pedagang Kaki Lima (PKL) yang bakal menempati kios di Pasar Glodok digratiskan biaya sewa selama tiga bulan pertama.

Hal tersebut dilakukan agar para pedagang tidak merasa keberatan saat menempati kios yang ada di Pasar Glodok.

"Kami akan usulkan kepada pihak pasar agar kalau bisa gratis agar beban pedagang di awal tidak terlalu terbebani," kata Camat Taman Sari Agus Sulaeman saat dikonfirmasi di kantor Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Selasa.

Menurut Agus, pihaknya telah berkirim surat ke PD Pasar Jaya minggu lalu untuk meminta pihak pasar memberikan keringanan kepada para pedagang.

Jika usulan tersebut disetujui, maka rencana relokasi 160 PKL di Petak Sembilan semakin mulus. PD Pasar Jaya memiliki kurang lebih 200 kios yang kosong di lantai dasar dan siap untuk dihuni para PKL.

Baca juga: Pemkot usulkan ubah nama Pasar Glodok menjadi Pasar Petak Sembilan
Baca juga: Pemkot akan relokasi 160 PKL di Petak Sembilan ke Pasar Glodok


Dia menargetkan relokasi tersebut akan selesai usai lebaran tahun ini. Setelah relokasi pedagang selesai, pihaknya akan memperbaiki beberapa fasilitas umum di sepanjang Jalan Petak Sembilan.

Perbaikan di antaranya pengerukan saluran air yang dilakukan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air dan pengerjaan trotoar oleh Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat.

Hal tersebut dilakukan agar lebar jalan bisa kembali seperti semula sehingga kendaraan mobil dan motor bisa melewati Jalan Petak Sembilan.

"Perbaikan tersebut juga sejalan dengan penataan Kawasan Kota untuk menyambut keberadaan Stasiun MRT yang saat ini masih dalam proses pembangunan," kata Agus.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022