Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra juara Olimpiade Markis Kido/Hendra Setiawan meraih kemenangan pertama sejak mencapai semifinal Indonesia Terbuka Super series Premier Juni lalu.

Pasangan unggulan ketiga itu mengalahkan ganda putra Malaysia Kok Zheng Yi/Kong Keat Zhen 21-12, 21-12 pada putaran pertama Taiwan Terbuka Grand Prix Gold di Taipei, Rabu.

Untuk selanjutnya, juara dunia 2007 yang absen pada Kejuaraan Dunia tahun ini karena Kido terkena gejala tifus itu, akan melawan pasangan Pelatnas Gideon Markus Fernaldi/Agripinna Prima yang menang atas pasangan tuan rumah Taiwan Chen Chung Jen/Lin Yen Jui 21-13, 21-16.

"Pertandingan besok akan menjadi partai seru, karena mereka adalah pemain muda yang sedang semangat-semangatnya," ujar Kido memperkirakan pertandingan babak 16 besar, Kamis.

Meski demikian, Kido yakin ia dan Hendra akan mampu mengatasi pasangan tersebut.

"Harus yakin," katanya seraya menambahkan bahwa ia dan Hendra saat ini sudah siap tempur kembali setelah absen cukup lama.

Ganda putra Indonesia lainnya yang juga lolos ke putaran kedua adalah unggulan keempat Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan dan Ricky Karanda/Muhammad Ulinnuha.

Sektor ganda putri dipastikan sudah membukukan tempat di perempat final setelah dua pasangan Indonesia bertemu pada babak 16 besar.

Unggulan ketiga Greysia Polii/Meiliana Jauhari akan melawan juara Vietnam Grand Prix Anneke Feinya Agustin/Nitya Krishinda untuk memperebutkan satu tempat di babak delapan besar, setelah Greysia/Meiliana menang atas pasangan Hong Kong Chan Tsz Ka/Cheung Ngan Yi 21-15, 21-15, dan Anneke/Nitya menyisihkan Hung Shih Chieh/Wu Fang Chien 21-13, 21-8.

Pada ganda campuran, unggulan teratas sekaligus "runner-up" tahun lalu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga membukukan kemenangan pada babak pertama turnamen berhadiah total 200.000 dolar AS itu setelah menyisihkan pasangan Korea Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na dalam tiga game 15-21, 21-13, 21-16.

Dua ganda campuran Pelatnas lainnya juga membukukan kemenangan saat unggulan ketiga Fran Kurniawan/Pia Zebadiah membukukan kemenangan atas Lo Lok Kei/Chan Hung Yung dari Hong Kong 21-13, 1-13, dan unggulan keenam Muhammad Rijal/Debby Susanto mengalahkan Tsai Chia Hsin/Cheng Hsiao Yun 21-15, 21-14.

Selain mereka, pasangan Nova Widianto/Vita Marissa yang menjadi unggulan delapan juga meraih kemenangan atas Kim Ki Jung/Jung Kyung Eun dari Korea 21-17, 21-16 untuk bertemu pasangan Korea lainnya Lee Yong Dae/Ha Jung Eun.
(T.F005/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011